View Full Version
Ahad, 19 Feb 2023

Rencana Saudi Bangun Megastruktur Kubus 'Mirip Ka'bah' Di Riyadh Tuai Kecaman

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Arab Saudi pada hari Kamis (16/2/2023) meluncurkan rencana arsitektur megah terbaru untuk ibu kotanya - megastruktur berbentuk kubus yang menurut para kritikus terlalu mirip dengan situs paling suci Islam, Ka'bah.

Akan dibangun di pusat kota Riyadh pada akhir dekade ini, "Mukaab", yang berarti kubus dalam bahasa Arab, akan berdiri setinggi 400 meter, lebar dan panjang – cukup besar untuk menampung 20 Gedung Empire State, menurut Dana Investasi Publik kerajaan Saudi (PIF).

Ini akan menampung lebih dari 100.000 unit hunian, 9.000 kamar hotel dan 1,4 juta meter persegi ruang kantor, serta puluhan tempat hiburan dan budaya.

Pengembangan proyek akan dipimpin oleh Putra Mahkota Muhammad bin Salman, dan merupakan bagian dari rencana untuk menciptakan "pusat kota terbesar dan modern di dunia" di Riyadh.

Menampilkan bentuk segitiga yang tumpang tindih, desain dan arsitektur bangunan diklaim menarik inspirasi dari gaya yang ditemukan di wilayah Najd Arab Saudi.

Desain dan bentuknya, bagaimanapun, mengandung apa yang dikatakan beberapa pengguna media sosial sebagai sangat mirip dengan Ka'bah, struktur kubus di kota Mekkah Saudi yang menjadi kiblat umat Islam di seluruh dunia selama shalat dan titik pusat dalam ibadah haji dan umrah.

Pengguna Twitter Kariman, berkata: "Ini pilihan yang aneh atau hanya saya? Mukaab Baru, seperti Ka'bah tetapi dengan tempat belanja...?"

Pengguna Twitter lainnya, Riyad Al-Otaibie, mempertanyakan mengapa kubus dipilih dari semua bentuk yang tersedia.

"Apakah dia ingin membuat kiblat hiburan [arah ke Ka'bah] agar sesuai dengan kiblat agama?" tanyanya.

Proyek ini merupakan bagian dari rencana Visi 2030 Arab Saudi untuk mendiversifikasi ekonomi kerajaan dan untuk mengurangi ketergantungannya pada pendapatan ekspor minyak, menurut outlet media pemerintah Saudi Press Agency (SPA).

Mukaab akan selesai tepat pada waktunya untuk Expo 2030, yang akan diselenggarakan oleh kerajaan Teluk.

Mukaab adalah yang terbaru dari serangkaian proyek arsitektur ambisius yang sedang berlangsung di negara ini.

Pada tahun 2021, Arab Saudi mengungkapkan rencana untuk membangun "The Line", sebuah kota vertikal untuk menampung sembilan juta orang di megacity NEOM di masa depan.

Proyek NEOM telah menuai kritik dari kelompok hak asasi manusia, dengan puluhan suku lokal yang tinggal di tanah yang dialokasikan untuk megacity telah dipenjara karena memprotes pembangunannya. (TNA/Ab)


latestnews

View Full Version