View Full Version
Ahad, 19 Feb 2023

Turki Hentikan Pencarian Dan Penyelamatan Korban Di 9 Provinsi Terdampak Gempa

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Türkiye telah mengumumkan bahwa upaya pencarian dan penyelamatan telah selesai di zona gempa, kecuali di provinsi Kahramanmaras dan Hatay selatan, kata Yunus Sezer, kepala Presidensi Manajemen Bencana dan Darurat (AFAD), kepada wartawan Ahad (19/2/2023), kantor berita Turki TRT World melaporkan.

Sezer mengatakan lebih dari 20.000 personel terus bekerja di lapangan, menambahkan bahwa upaya pencarian dan penyelamatan berlanjut di hampir 40 gedung.

Saat upaya pencarian dan penyelamatan korban gempa bumi 6 Februari yang terkubur mulai mereda di Türkiye, tim pembongkaran telah bergerak untuk membersihkan gundukan puing yang ditinggalkan oleh bencana terburuk dalam sejarah Turki modern.

Evakuasi terus berlanjut

Sementara itu evakuasi dari zona gempa ke provinsi lain berlanjut, kata Sezer: "Sejauh ini lebih dari 460.900 orang telah dievakuasi."

“Saat ini kami menampung 318.970 korban yang dievakuasi dari wilayah gempa, di wisma umum, hotel, dan fasilitas akomodasi lainnya,” tambahnya.

Selain itu, di wilayah tersebut, "kami terus menampung lebih dari 1 juta korban bencana di wisma umum, hotel, dan fasilitas akomodasi lainnya," katanya.

Dia mengatakan bahwa bantuan tunai sebesar 10.000 lira Turki ($531) diberikan kepada hampir 800.000 warga.

Manajemen bencana negara itu juga mengatakan bahwa sekitar 6.040 gempa susulan melanda 11 provinsi yang membentuk zona bencana yang diumumkan oleh pemerintah pada hari-hari setelah gempa awal.

Pada hari ke-14 bencana, jumlah korban tewas di Türkiye mencapai 40.689 pada Ahad pagi. Korban di Suriah telah mencapai 5.814, menjadikan jumlah korban tewas gabungan di kedua negara menjadi setidaknya 46.503. (TRT)


latestnews

View Full Version