View Full Version
Kamis, 06 Apr 2023

Afghanistan: Taliban Pindahkan Kantor Juru Bicara Dari Kabul Ke Kandahar

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Juru bicara utama pemerintahan Taliban Afghanistan akan memindahkan kantornya dari ibu kota ke kota selatan Kandahar, kata kementerian informasi, tanda semakin pentingnya wilayah yang menjadi rumah bagi pemimpin tertingginya.

Provinsi Kandahar adalah tempat kelahiran sejarah gerakan Taliban.

Pemimpin tertinggi Haibatullah Akhundzada tinggal di sana dan jarang melakukan kunjungan publik ke Kabul, sekitar 450 km ke utara, tempat kantor pemerintah nasional, kabinet, dan penjabat perdana menteri bermarkas.

"Zabihullah Mujahid dan Samangani keduanya dipindahkan ke Kandahar," kata Abdul Maten Qanee, juru bicara kementerian informasi, mengacu pada Innamullah Samangani, wakil juru bicara.

Ini adalah salah satu contoh pertama yang diketahui dari seorang pejabat senior dalam pemerintahan Taliban yang memindahkan kantor mereka dari ibu kota.

Kementerian Penerangan tidak merinci alasan pemindahan itu, tetapi itu menunjukkan pejabat yang lebih menonjol yang berbasis di Kandahar.

Keputusan-keputusan besar datang dari Hibatullah Akhundzada di Kandahar dan dilaksanakan oleh kementerian di Kabul, kata para pejabat.

Mujahid selama bertahun-tahun telah menjadi salah satu suara publik utama Taliban, termasuk selama pemberontakan mereka, yang berakhir ketika mereka mengambil alih ketika pasukan asing pimpinan AS mundur pada tahun 2021.

Meskipun dia secara teratur berbicara kepada wartawan melalui telepon dan pesan teks, dia pertama kali mengungkapkan dirinya pada konferensi pers tak lama setelah Taliban mengambil alih Afghanistan. (TNA)


latestnews

View Full Version