View Full Version
Selasa, 18 Apr 2023

Astronom Sebut Idul Fitri Kemungkinan Dimulai Sabtu Karena Bulan SyawaTidak Akan Terlihat Kamis

JEDDAH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Idul Fitri kemungkinan dimulai pada hari Sabtu karena bulan Syawal diperkirakan akan terlihat dengan mata telanjang pada Jum'at malam dan bukan Kamis, menurut para astronom di Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Secara teknis, bulan akan muncul di langit pada Kamis malam, tetapi tidak akan disinari oleh sinar matahari dan akan sulit dilihat tanpa peralatan khusus, kata Majid Abu Zahra dari Jeddah Astronomical Society.

Bulan akan “sangat mudah dilihat dengan mata telanjang jika langit cerah,” pada Jum'at malam, tambah Abu Zahra, seperti dilansir Saudi Press Agency (SPA) Selasa (18/4/2023).

Namun, para pejabat masih bisa menyatakan hari Jum'at sebagai awal Idul Fitri jika penampakan bulan pada hari Kamis diterima oleh saksi mata.

Mahkamah Agung Arab Saudi sebelumnya telah meminta orang-orang di Kerajaan untuk mencoba melihat bulan yang menandakan akhir Ramadhan pada Kamis malam.

Pusat Astronomi Internasional Abu Dhabi memposting Tweet yang menyatakan bahwa bulan tidak akan terlihat dari mana pun di dunia Islam pada hari Kamis, selain dari bagian Afrika Barat jika teleskop digunakan dan cuacanya tepat.

Meskipun kondisi astronomis menunjukkan bahwa bulan tidak dapat terlihat pada Kamis malam, ada kemungkinan pejabat masih menerima kesaksian saksi mata dan oleh karena itu Idul Fitri masih mungkin dimulai pada hari Jum'at, tambah pusat tersebut.

Disebutkan bahwa ada beberapa kejadian di masa lalu ketika Idul Fitri dimulai pada hari tertentu di mana secara ilmiah tidak mungkin untuk melihat bulan Syawal. (Aby)


latestnews

View Full Version