View Full Version
Kamis, 20 Apr 2023

Arab Saudi, UEA Dan Qatar Umumkan Idul Fitri 1444 H jatuh Hari Jum'at 21 April 2023

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Mahkamah Agung Kerajaan Arab Saudi mengumumkan pada hari Kamis bahwa hari pertama Idul Fitri akan dimulai pada hari Jum'at (21/4/2023), menyusul penampakan bulan sabit di Arab Saudi.

Seperti dilansir kantor berita Arab News, bulan sabit telah terlihat di Arab Saudi, yang berarti bahwa hari Kamis akan menjadi hari terakhir bulan suci Ramadhan, dengan perayaan Idul Fitri akan dimulai pada hari Jum'at.

Shalat Idul Fitri akan diadakan di seluruh Kerajaan tepat setelah matahari terbit pada hari Jum'at di tengah pengaturan yang rumit untuk acara tersebut.

Sebelumnya, Mahkamah Agung pada Rabu menyerukan umat Islam di seluruh Arab Saudi untuk melihat bulan sabit Syawal pada Kamis malam, 29 Ramadhan 1444 Hijriah, bertepatan dengan 20 April 2023.

Dalam sebuah pengumuman, Mahkamah Agung meminta siapa pun yang melihat bulan sabit dengan mata telanjang atau melalui teropong untuk melapor ke pengadilan terdekat dan mendaftarkan kesaksian mereka.

Pengadilan juga berharap mereka yang mampu melihat bulan sabit akan bergabung dengan komite yang dibentuk untuk tujuan itu di berbagai daerah dan berpartisipasi dalam upaya yang bermanfaat bagi umat Islam.

UEA dan Qatar juga mengumumkan bahwa hari pertama Idul Fitri akan jatuh pada hari Jum'at (21/4/2023). (AN)


latestnews

View Full Version