View Full Version
Rabu, 26 Apr 2023

Ulama Senior Syi'ah Anggota Majelis Pakar Iran Tewas Ditembak Di Sebuah Bank Di Babolsar

MAZANDARAN, IRAN (voa-islam.com) - Seorang ulama senior Syi'ah Iran dan anggota Majelis Pakar yang berkuasa telah tewas dalam serangan senjata di Iran utara, lapor media pemerintah.

Ayatola Abbasali Soleimani meninggal di rumah sakit setelah ditembak di sebuah bank di Babolsar, di provinsi Mazandaran.

Kantor berita Irna mengatakan penyerang ditangkap dan motifnya tidak jelas.

Ayatola Soleimani adalah salah satu dari 88 ulama di Majelis Pakar, yang menunjuk Pemimpin Tertinggi dan - secara teoritis - dapat menyingkirkannya.

Dia juga sebelumnya menjabat sebagai perwakilan pribadi Pemimpin Tertinggi Syi'ah Iran saat ini, Ayatola Ali Kamenei, di provinsi tenggara Sistan-Baluchistan yang bergolak, mengundurkan diri pada 2019 setelah 17 tahun menjabat.

Ayatola Soleimani, yang berusia pertengahan 70-an, dilaporkan sedang duduk di dalam cabang Bank Melli di Babolsar pada Rabu (26/4/2023) pagi ketika dia ditembak.

Hawzahnews, situs resmi seminari Syi'ah Iran, mengutip seorang saksi yang mengatakan bahwa seorang pria mengambil senjata penjaga bank dan melepaskan tembakan.

Namun Gubernur Mazandaran, Mahmoud Hosseinipour, mengatakan kepada TV pemerintah bahwa penyerang adalah seorang penjaga bank, menurut kantor berita AFP.

April lalu, dua ulama Syi'ah tewas dan yang ketiga terluka dalam serangan pisau yang diduga dilakukan jihadis di sebuah kuil Syi'ah di timur laut kota Mashhad.

Seorang pria Uzbekistan digantung pada bulan Juni setelah dinyatakan bersalah melakukan penikaman, dimana polisi tidak mengungkapkan motifnya. (BBC)


latestnews

View Full Version