View Full Version
Kamis, 15 Jun 2023

Kelompok Teroris PKK AKhiri Gencatan Senjata Sepihak Dengan Turki

TURKI (voa-islam.com) - Kelompok teroris Partai Pekerja Kurdistan (PKK) mengakhiri gencatan senjata sepihak dengan Turki pada hari Selasa (13/6/2023) yang diumumkan setelah gempa dahsyat melanda Turki dan Suriah pada 6 Februari.

Wakil Presiden Dewan Eksekutif Persatuan Komunitas Kurdistan (KCK), sebuah organisasi politik payung untuk kelompok Kurdi termasuk PKK, bersumpah akan melakukan serangan skala besar setelah Ankara diduga melanjutkan serangan terhadap anggotanya.

PKK dianggap sebagai organisasi teroris terlarang di Turki, Eropa, dan AS.

"Serangan dan pembunuhan oleh negara Turki berlanjut dan isolasi Pemimpin Rakyat Kurdi Abdullah Öcalan diperparah selama gencatan senjata sepihak," kata KCK dalam pernyataannya pada Selasa.

Ia mengklaim gencatan senjata awalnya didasarkan pada "tanggung jawab kemanusiaan dan moral" setelah gempa bumi Turki-Suriah yang menghancurkan menewaskan puluhan ribu orang. PKK memperpanjang gencatan senjata selama pemilihan presiden Turki untuk "memastikan bahwa pemilihan menghasilkan hasil yang berpihak pada rakyat dan kekuatan demokrasi".

Meskipun demikian, pemerintah Turki melanjutkan serangannya selama empat bulan gencatan senjata dan meningkatkan serangannya terhadap petempur PKK yang berbasis di Pegunungan Qandil di wilayah Kurdistan Irak.

KCK mengklaim bahwa pasukan Turki juga menyerang warga sipil di Sinjar dan Makhmour dan melancarkan operasi militer terhadap pemerintahan Kurdi yang dideklarasikan sendiri di Suriah Timur Laut.

PKK memutuskan untuk mengakhiri gencatan senjatanya setelah Hüseyin Arasan, anggota Organisasi Pekerja Mesopotamia, yang dekat dengan kelompok militan Kurdi, ditembak di Sulaymaniyah pada 10 Juni dan meninggal di rumah sakit 17 jam kemudian.

Aktivis Kurdi setempat mengklaim dinas intelijen Turki berada di balik pembunuhan itu.

"Pembunuhan rekan revolusioner kami Baran Avrêl (Hüseyin Arasan) baru-baru ini di Sulaymaniyah juga memperjelas bahwa fasisme AKP-MHP telah meluncurkan gelombang serangan baru terhadap gerakan kami dan rakyat kami," kata KCK.

"Melawan gelombang serangan fasis ini, kebutuhan akan perjuangan aktif dan serangan terhadap musuh di mana-mana menjadi tak terelakkan."

Harian Sabah Turki pada hari Rabu mengklaim bahwa MIT telah membunuh Abdulkahar Karasaçb (Alişer Çiya), seorang anggota pasukan khusus PKK, di Irak utara.

PKK dibentuk pada akhir 1970-an oleh pemimpinnya yang sekarang dipenjara Abdullah Ocalan dan telah berperang selama empat dekade melawan negara Turki yang menuntut otonomi atau kemerdekaan yang lebih besar.

Konflik berdarahnya dengan Ankara telah menyebabkan setidaknya 40.000 orang tewas sejak 1984, banyak dari mereka adalah warga sipil. (TNA)


latestnews

View Full Version