View Full Version
Rabu, 05 Jul 2023

Pejuang Al-Shabaab Serang Geriley Menyusul Kepergian Pasukan ATMIS

GERILEY, SOMALIA (voa-islam.com) – Pertempuran sengit terjadi tadi Selasa (4/7/2023) malam di daerah Geriley wilayah Gedo, antara pasukan Jubbaland Darwish dan Al-Shabaab, kata penduduk setempat.

Pertempuran itu terjadi setelah pejuang Al-Shabaab melancarkan serangan ke pangkalan Geriley, yang merupakan salah satu pangkalan yang baru-baru ini diserahkan kepada pasukan Jubaland Darwish oleh pasukan ATMIS.

Laporan terbaru mengatakan bahwa pasukan Jubbalad masih menguasai pangkalan tersebut setelah mereka melawan serangan Al-Shabaab, sebagaimana dikonfirmasi oleh Menteri Keamanan Jubbalad Yusuf Hussein Dhumal.

Pekan lalu, Di Gherille, dekat perbatasan Kenya-Somalia, komandan ATMIS FOB, Mayor Terence Shitanda Soita, menyerahkan fasilitas tersebut kepada komandan FOB Jubaland Security Forces (JSF), Letnan Kolonel Salan Afey, dalam acara yang disaksikan oleh petinggi ATMIS dan Somali National Army (SNA).

Kepala Operasi Militer ATMIS, Kolonel Milton Katarinyeba, yang juga berada di Gherille untuk penyerahan, mengimbau Pasukan Keamanan Jubaland untuk tetap waspada dan bekerja sama dengan pasukan pemerintah Federal untuk memastikan keselamatan penduduk setempat.

Jubbaland adalah salah satu wilayah di mana Al-Shabaab masih kuat, dan sering melakukan serangan langsung dan eksplosif terhadap posisi tentara Jubbaland dan Kenya di wilayah tersebut. (SM)


latestnews

View Full Version