View Full Version
Sabtu, 05 Aug 2023

Israel Tahan 1.201 Warga Palestina Tanpa Dakwaan Atau Pengadilan

TEL AVIV, ISRAEL (voa-islam.com) - Israel menahan 1.201 warga Palestina di bawah penahanan administratif tanpa dakwaan atau pengadilan – jumlah tertinggi sejak kelompok hak asasi manusia mulai mengumpulkan data bulanan pada tahun 2001, menurut data Layanan Penjara Israel yang diperoleh oleh kelompok hak asasi HaMoked.

Angka-angka itu juga menunjukkan bahwa tahanan administratif merupakan seperempat dari semua tahanan Palestina yang ditahan oleh Israel. Perintah penahanan administratif biasanya berlaku untuk jangka waktu tiga sampai enam bulan tetapi dapat diperpanjang tanpa batas waktu.

Intelijen yang digunakan untuk membenarkan penahanan tidak diungkapkan kepada para tahanan atau pengacara mereka.

"Penahanan administratif seharusnya menjadi tindakan yang luar biasa, tetapi Israel menggunakannya secara luas untuk warga Palestina," kata Jessica Montell, direktur eksekutif HaMoked, seperti dikutip oleh Haaretz.

“Dalam satu tahun terakhir, ini telah melewati setiap batas – seperempat tahanan Palestina berada dalam penahanan administratif. Ini adalah situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dan mengkhawatirkan.

"Kami berbicara tentang penahanan tanpa persidangan hanya berdasarkan materi rahasia, tanpa peninjauan yudisial yang efektif dan yang dapat diperpanjang tanpa batas waktu. Ini adalah penahanan yang sewenang-wenang dan jelas tidak dapat diterima."

Saat ini ada 5.014 warga Palestina di penjara Israel, menurut angka Layanan Penjara Israel. Kurang dari setengah - 2.353 - dari narapidana tersebut telah diadili dan dijatuhi hukuman, sementara 1.460 narapidana sedang menjalani proses hukum. Sisanya ditahan di bawah penahanan administratif.

Mereka yang ditahan di bawah praktik kontroversial tersebut termasuk mantan tahanan, wanita, anak-anak, orang lanjut usia dan warga Palestina yang sakit, menurut Klub Tahanan Palestina (PPC).

Pada hari Kamis, tahanan administratif di Penjara Ofer di Tepi Barat memulai protes terhadap kelanjutan penahanan mereka, PPC mengumumkan. Protes itu direncanakan menjadi awal dari kampanye ketidaktaatan yang lebih luas di penjara-penjara Israel.

PPC menyoroti bahwa tindakan ini terjadi karena setidaknya 60 tahanan terus memboikot pengadilan Israel.

Komite Tahanan Administratif, sebuah kelompok tahanan lintas faksi, mengatakan para tahanan akan memutuskan kapan memulai mogok makan massal untuk meningkatkan protes mereka.

Israel telah melakukan serangkaian serangan dan serangan brutal di Tepi Barat dan Jalur Gaza yang terkepung tahun ini, yang disertai dengan peningkatan jumlah warga Palestina yang ditahan di bawah perintah penahanan administratif.

Menurut B'Tselem, jumlah tahanan administratif Palestina lebih tinggi pada tahun 1989 selama Intifadah Pertama, yaitu 1.989. (TNA)


latestnews

View Full Version