View Full Version
Senin, 11 Sep 2023

Ukraina Klaim Rebut Kembali Anjungan Minyak Laut Hitam Yang Dikuasai Rusia Sejak 2015

KIEV, UKRAINA (voa-islam.com) - Kiev mengatakan pada hari Senin (11/9/2023) bahwa pasukannya telah merebut kembali anjungan pengeboran minyak dan gas di Laut Hitam yang telah dikuasai oleh Moskow sejak tahun 2015.

Platform ini kira-kira berada di tengah-tengah antara semenanjung Krimea yang dianeksasi Moskow dan pantai wilayah Odesa di barat daya Ukraina.

“Ukraina mendapatkan kembali kendali atas apa yang disebut (platform) Menara Boyka,” kata intelijen militer Kiev dalam sebuah pernyataan.

Dikatakan bahwa pihaknya telah menguasai platform pengeboran dan rig dalam apa yang mereka sebut sebagai “operasi unik.”

“Dalam salah satu fase operasi, terjadi pertempuran antara pasukan khusus Ukraina di atas kapal dan jet tempur Su-30 Rusia,” katanya, mengklaim bahwa pesawat Moskow “dihantam dan terpaksa mundur.”

Mereka merilis video perahu-perahu yang beredar di sekitar anjungan minyak dan gas, sebelum pasukannya terlihat melepaskan tembakan ke udara.

Rusia mencaplok Krimea dan sebagian besar perairan sekitarnya pada tahun 2014, dan menuduh Ukraina pernah mencoba menyerang anjungan tersebut sebelumnya.

Ukraina dan Rusia telah meningkatkan serangan di Laut Hitam sejak Moskow menarik diri dari perjanjian penting yang menjamin keselamatan navigasi kapal kargo. (AA)


latestnews

View Full Version