View Full Version
Kamis, 02 Nov 2023

IDF Menderita Peningkatan Korban Di tengah Pertempuran Kota Di Gaza

TEL AVIV, ISRAEL (voa-islam.com) - Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengumumkan kematian 16 tentara selama dua hari terakhir sebagai korban ketika pasukan darat Israel bergerak ke daerah perkotaan di Gaza pada hari kelima operasi darat mereka. Sebelas tentara tersebut adalah anggota brigade Givati yang tewas oleh rudal anti-tank. Yang lainnya termasuk dua anggota batalion ke-7, sebuah unit tank dalam brigade tank ke-77. Israel kini telah kehilangan 331 tentara sejak serangan mendadak Hamas pada 7 Oktober.

Juru bicara IDF Laksamana Muda Daniel Hagari mengklaim bahwa Israel telah menerobos garis pertahanan Hamas, meskipun hal ini kemungkinan besar tidak mengacu pada penghalang fisik dan garis depan, melainkan menerobos posisi Hamas di beberapa daerah perkotaan. Israel terus mencermati keamanan operasional.

Perdana Menteri Israel, Menteri Pertahanan, Kepala Staf dan pejabat lainnya semuanya memberikan pernyataan pada hari Rabu, komentar yang muncul setelah pengumuman tentang jatuhnya tentara di Gaza. Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan “kita berada dalam perang yang sulit. Ini akan menjadi perang yang panjang. Kita mempunyai begitu banyak pencapaian penting namun juga kerugian yang menyakitkan.” Kepala Staf Herzi HaLevi mengatakan operasi darat akan diintensifkan. “Kami memperjuangkan hak kami dan hak generasi mendatang untuk hidup aman dan sejahtera di tanah air kami,” ujarnya.

Menteri Pertahanan Yoav Gallant memperingatkan kelompok perlawanan lainnya di Tepi Barat, Libanon dan Suriah untuk tidak mengancam Israel. Hal ini terjadi setelah dua serangan dari Yaman pada tanggal 31 Oktober. Ancaman-ancaman tersebut berhasil dihadang, namun peningkatan serangan dari Yaman menggambarkan bahwa kelompok-kelompok yang terkait dengan Iran terus berusaha membuka front baru melawan Israel. IDF mengatakan mereka mengirim kapal rudal ke Laut Merah setelah serangan tersebut.

Pada hari Rabu, IDF mengungkapkan bahwa mereka telah mencapai 11.000 sasaran sejak 7 Oktober. Banyak dari serangan tersebut terjadi pada minggu pertama, dan jumlahnya dikurangi menjadi sekitar 200-300 serangan per malam pada minggu ketiga. Jenderal Itzik Cohen, komandan divisi 162 yang beroperasi di Gaza, mengklaim pasukan telah mencapai “gerbang Kota Gaza.” Ketika Israel bergerak ke wilayah yang lebih padat ini, koordinasi antara angkatan darat dan udara diperkirakan akan meningkat.

IDF juga mengatakan ada juga peningkatan kerja sama antara angkatan udara dan angkatan laut. Hal ini mencakup upaya gabungan multi-cabang dengan angkatan udara dan angkatan laut yang “dilakukan untuk menggagalkan ancaman di lapangan dan menyerang organisasi teroris Hamas.”

Ancaman terhadap kendaraan lapis baja di Gaza menggambarkan tantangan konflik tersebut. Misalnya, gambar menunjukkan bahwa Israel telah memasang sangkar di atas beberapa kendaraan lapis baja, untuk bertahan melawan drone kecil yang tersedia secara komersial. Selain itu, ancaman rudal anti-tank dari Libanon dan Gaza terus memberikan dampak yang besar. Kendaraan lapis baja Israel sering kali dilengkapi dengan sistem proteksi aktif Trophy atau sistem proteksi Iron Fist. Sistem ini akan diuji lebih lanjut dalam beberapa minggu mendatang. Setelah terbunuhnya 11 anggota Givati oleh rudal anti-tank, IDF dan Badan Intelijen Israel (ISA) mengatakan bahwa sebuah pesawat tempur IDF menyerang Muhammad A'sar, kepala unit rudal anti-tank Hamas di Israel. Jalur Gaza. “A’sar bertanggung jawab atas semua unit rudal anti-tank Hamas di seluruh Jalur Gaza,” kata IDF.

Pertempuran di jalan-jalan lingkungan juga menyebabkan tingginya korban sipil. Serangan udara di Jabalya menargetkan teroris, klaim IDF, namun laporan di Gaza mengatakan justru warga sipil yang terbunuh.

Sementara itu, beberapa warga sipil dapat meninggalkan Gaza melalui penyeberangan Rafah pada hari Rabu. Mereka termasuk pemegang paspor asing dan beberapa orang yang terluka dan sakit yang memerlukan perawatan medis. Dilaporkan ada ratusan warga AS di Gaza yang ingin meninggalkan Gaza dan seruan gencatan senjata terus berlanjut di luar negeri. (TLWJ)


latestnews

View Full Version