View Full Version
Selasa, 16 Jan 2024

Maskapai Saudi Operasikan Taksi Terbang Untuk Angkut Jamaah Haji Dan Umroh Ke Makkah

MEKKAH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Arab Saudi berencana meluncurkan taksi udara untuk mengangkut jamaah haji dan umrah Islam, dalam pengembangan teknologi inovatif terkini yang akan diterapkan di Kerajaan.

Menurut Saudi Press Agency (SPA) yang dikelola pemerintah, pihak berwenang akan mengaktifkan pengoperasian taksi udara untuk mengangkut jamaah dari Bandara King Abdulaziz di kota pesisir Jeddah ke hotel di kota suci Islam Makkah. Logistik penerbangan taksi udara dilaporkan akan ditangani oleh Saudia, maskapai penerbangan nasional Kerajaan.

Pesawat lepas landas dan mendarat vertikal listrik (eVTOL) telah dikembangkan oleh perusahaan Volocopter dan otoritas Saudi dalam beberapa tahun terakhir, dan dirancang untuk menjadi alternatif yang lebih murah, lebih serbaguna, dan ramah lingkungan dibandingkan bentuk transportasi lain dan pesawat terbang, seperti helikopter.

Uji coba penerbangan taksi udara telah dilakukan tahun lalu di proyek Neom, kota besar di Arab Saudi yang sedang berkembang, yang – bekerja sama dengan Volocopter – akan menggunakan pesawat serupa untuk transportasi perkotaan dalam waktu dekat.

Penggunaan inovasi bentuk transportasi untuk ibadah haji dan umrah dilaporkan diumumkan tahun lalu oleh Menteri Transportasi Arab Saudi, Saleh Bin Nasser Al Jasser, yang mengatakan bahwa pesawat tersebut akan diuji di tahun-tahun mendatang khusus untuk tujuan tersebut. (MeMo)


latestnews

View Full Version