View Full Version
Kamis, 18 Jan 2024

Pakistan Serang 'Persembunyian Teroris' Di Iran Sebagai Respon Serangan Udara Teheran

ISLAMABAD, PAKISTAN (voa-islam.com) - Pakistan melancarkan serangan udara pagi hari terhadap tempat persembunyian teroris di provinsi Sistan Balochistan, Iran, pada hari Kamis (10/12/2024) sebagai respons terhadap pelanggaran wilayah udara yang dilakukan Teheran sehari yang lalu.

Kementerian Luar Negeri (FO) mengkonfirmasi tindakan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini dalam sebuah pernyataan yang dirilis tak lama kemudian.

“Pagi ini Pakistan melakukan serangkaian serangan militer presisi yang sangat terkoordinasi dan ditargetkan secara khusus terhadap tempat persembunyian teroris di provinsi Sistan Balochistan, Iran. Sejumlah teroris terbunuh dalam operasi berbasis Intelijen – dengan nama sandi 'Marg Bar Sarmachar',” pernyataan FO berbunyi.

Sehari sebelumnya, Pakistan menarik duta besarnya dari Iran dan mengusir utusan Teheran sebagai langkah cepat dalam melakukan tanggapan terhadap serangan rudal Iran ketika konsultasi ekstensif sedang dilakukan untuk memutuskan langkah selanjutnya.

Ini adalah pertama kalinya Pakistan menarik utusannya dari Iran, meskipun kedua negara memiliki hubungan yang bermasalah di masa lalu. Hal ini menyoroti tingkat ketegangan antara kedua negara bertetangga tersebut.

Memburuknya hubungan dengan cepat dipicu oleh serangan rudal dan pesawat tak berawak Iran di wilayah Pakistan pada hari Selasa. Iran mengklaim serangan itu ditujukan pada dua 'pangkalan teroris' Jaisul 'Adl, sebuah kelompok pejuang Sunni yang beroperasi dari provinsi Sistan-Baluchistan di Iran.

Pakistan mengecam keras apa yang disebutnya sebagai “pelanggaran wilayah udara yang tidak beralasan” oleh Iran dan memperingatkan konsekuensi serius. Islamabad membantah klaim Iran dan mengatakan serangan itu menewaskan dua anak yang tidak bersalah dan melukai tiga anak perempuan.

Operasi Marg Bar Sarmachar

Hari ini, FO menyatakan bahwa, “Selama beberapa tahun terakhir, dalam keterlibatan kami dengan Iran, Pakistan secara konsisten menyampaikan keprihatinan seriusnya mengenai tempat berlindung dan tempat perlindungan yang dinikmati oleh teroris asal Pakistan yang menamakan diri mereka Sarmachar di wilayah yang tidak memiliki pemerintahan di Iran. Pakistan juga membagikan banyak dokumen dengan bukti nyata keberadaan dan aktivitas para teroris tersebut.

“Namun, karena kurangnya tindakan atas keprihatinan serius kami, kelompok yang disebut Sarmachar ini terus menumpahkan darah warga Pakistan yang tidak bersalah tanpa mendapat hukuman. Tindakan pagi ini diambil berdasarkan informasi intelijen yang kredibel mengenai kemungkinan terjadinya kegiatan teroris skala besar yang dilakukan oleh kelompok yang disebut-sebut sebagai kelompok Sarmachar. Sarmachar."

Pakistan menyatakan bahwa tindakan hari ini adalah "wujud tekad Pakistan yang teguh untuk melindungi dan mempertahankan keamanan nasionalnya dari segala ancaman".

“Keberhasilan pelaksanaan operasi yang sangat kompleks ini juga merupakan bukti profesionalisme Angkatan Bersenjata Pakistan. Pakistan akan terus mengambil semua langkah yang diperlukan untuk menjaga keselamatan dan keamanan rakyatnya yang sakral, tidak dapat diganggu gugat, dan sakral,” tambahnya. .

“Pakistan sepenuhnya menghormati kedaulatan dan integritas wilayah Republik Syi'ah Iran. Satu-satunya tujuan dari tindakan hari ini adalah untuk mencapai keamanan dan kepentingan nasional Pakistan sendiri yang merupakan hal terpenting dan tidak dapat dikompromikan,” tegas FO.

Sumber intelijen Pakistan mengatakan kepada Reuters bahwa serangan tersebut dilakukan oleh pesawat militer.

“Pasukan kami telah melakukan serangan untuk menargetkan militan Baloch di Iran,” kata pejabat intelijen di ibu kota Islamabad.

“Militan yang menjadi sasaran adalah anggota BLF,” tambahnya, mengacu pada Front Pembebasan Balochistan (BLF) yang dilarang.

“Sebagai anggota komunitas internasional yang bertanggung jawab, Pakistan menjunjung tinggi prinsip dan tujuan Piagam PBB termasuk integritas teritorial dan kedaulatan negara-negara anggota. Dipandu oleh prinsip-prinsip ini, dan dalam melaksanakan hak sah kami berdasarkan hukum internasional, Pakistan tidak akan pernah mengizinkannya kedaulatan dan integritas wilayah dapat ditantang, dengan dalih atau keadaan apa pun.”

Ketakutan akan eskalasi

Komentar Islamabad setelah serangan balasan menandakan keinginan untuk menjaga pertikaian, namun para analis memperingatkan hal itu bisa terjadi di luar kendali.

“Motivasi Iran untuk menyerang Pakistan masih belum jelas, namun mengingat perilaku Iran yang lebih luas di wilayah tersebut, hal ini dapat meningkat,” Asfandyr Mir, pakar senior keamanan Asia Selatan di U. Institute of Peace, mengatakan kepada Reuters.

“Apa yang akan menimbulkan kekhawatiran di Teheran adalah bahwa Pakistan telah melewati batas dengan menyerang wilayah Iran, sebuah ambang batas yang bahkan AS dan Israel berhati-hati agar tidak dilanggar.”

Kedua kelompok sasaran tersebut beroperasi di wilayah yang mencakup Balochistan di Pakistan dan provinsi Sistan-Baluchestan di Iran. Keduanya bergolak, kaya mineral dan sebagian besar terbelakang.

BLF, yang menjadi sasaran Islamabad di Iran, melancarkan pemberontakan bersenjata melawan

%MCEPASTEBIN%


latestnews

View Full Version