View Full Version
Kamis, 18 Jan 2024

Kapal-Kapal Gunakan Tanda 'Tidak Ada Hubungan Dengan Israel' Untuk Hindari Serangan Houtsi

LAUT MERAH (voa-islam.com) - Kapal-kapal yang melewati Laut Merah untuk pertama kalinya menggunakan frasa “Kami tidak ada hubungannya dengan Israel” pada sistem identifikasi otomatis untuk menghindari serangan dari pemberontak Syi'ah Houtsi Yaman, menurut beberapa laporan.

Beberapa kapal komersial yang melewati selat Bab al-Mandab, yang terletak di lepas pantai Yaman dan Tanduk Afrika, telah menyiarkan beberapa variasi dari pesan ini untuk menolak adanya hubungan dengan Israel, yang saat ini terlibat dalam perang brutal di Gaza. yang telah menyebabkan hampir 25.000 orang tewas.

Pada tanggal 7 Januari, Mohamed al-Houtsi, anggota Dewan Politik Tertinggi kelompok pemberontak yang didukung Iran, mengeluarkan peringatan bahwa setiap kapal yang melewati Laut Merah harus menggunakan frasa "kami tidak memiliki hubungan dengan Israel" pada sistem identifikasi atau wajah mereka serangan, sebagai bentuk dukungan mereka terhadap rakyat Gaza

Kapal-kapal dari berbagai lokasi, termasuk Tiongkok, Kamerun, Panama, dan Singapura, dilaporkan telah memenuhi permintaan untuk memastikan perjalanan yang aman melalui rute Laut Merah.

Hal ini terjadi ketika muncul berita pada hari Rabu bahwa beberapa perusahaan asuransi kapal mulai menghindari perlindungan terhadap kapal dagang AS, Inggris dan Israel terhadap risiko perang saat mereka mengarungi Laut Merah bagian selatan. Penjamin emisi memasukkan klausul ke dalam skema asuransi yang mengatakan "tidak ada keterlibatan Israel", seperti yang dilaporkan oleh Bloomberg.

Pasukan Maritim Gabungan anti-Houtsi yang dipimpin AS mengeluarkan seruan agar kapal-kapal menghindari Bab al-Mandab dengan cara apa pun selama puncak serangan terhadap pelayaran, namun beberapa kapal terus menggunakan jalur perdagangan utama ini.

Untuk membatasi ancaman serangan, mereka mematikan sistem identifikasi atau menggunakan frasa yang memisahkan diri dari Israel.

Hal ini, ditambah dengan penolakan beberapa perusahaan asuransi untuk memberikan perlindungan terhadap kapal-kapal AS, Inggris dan Israel, telah membuat banyak orang percaya bahwa serangan AS-Inggris terhadap posisi Houtsi di Yaman hanya berdampak kecil pada kelompok pemberontak tersebut.

Pemberontak Syi'ah Houtsi telah menyerang kapal-kapal dagang dengan drone dan rudal sejak bulan November, melancarkan setidaknya 29 serangan hingga saat ini dalam apa yang mereka katakan sebagai blokade yang dilakukan sendiri terhadap Israel melalui pengiriman Laut Merah karena perang dan pengepungan Israel di Gaza.

AS dan Inggris menyerang posisi Houtsi di Yaman pada hari Jum'at dalam serangkaian serangan udara dan laut “balas dendam”.

Kelompok Houthi berjanji akan membalas serangan tersebut dan meningkatkan serangan terhadap kapal-kapal, dengan dua kapal induk milik AS menjadi sasaran rudal balistik, serta serangan terhadap kapal curah milik Yunani.

Hal ini menyebabkan lebih banyak serangan terhadap Yaman dari Amerika dan Inggris pada hari Selasa.

Kelompok pemberontak Syi'ah Houtsi merebut ibu kota Yaman, Sana'a yang berada di wilayah utara pada tahun 2014 dan memaksa pemerintah sah Yaman pindah ke selatan. Koalisi pimpinan Saudi terlibat dalam serangan udara terhadap posisi yang dikuasai pemberontak Houtsi sejak tahun 2015 untuk membantu pemerintah negara berpenduduk mayoritas Sunni tersebut.

Konflik di Yaman telah berkurang sejak Arab Saudi dan Yaman menyetujui gencatan senjata, sementara Riyadh baru-baru ini mengkritik serangan AS-Inggris di Yaman.

Kelompok Syi'ah Houtsi telah dikritik oleh kelompok hak asasi manusia karena  mencuri bantuan, menahan dan menyiksa jurnalis dan aktivis, dan melakukan pengepungan di kota Taiz. (TNA)


latestnews

View Full Version