View Full Version
Sabtu, 24 Aug 2024

Hamas Tolak Kendali Israel Atas Koridor Philadelphia, Netzarim Dan Rafah

GAZA, PALESTINA (voa-islam.com) - Hamas dengan tegas menolak kendali "Israel" yang berkelanjutan atas koridor Philadelphia dan Netzarim serta penyeberangan Rafah di Jalur Gaza, pejabat senior Hamas Osama Hamdan mengatakan kepada Al Mayadeen pada hari Jumat.

Hamdan menekankan bahwa Perlawanan Palestina menuntut "langkah-langkah praktis mengenai apa yang telah disepakati sebelumnya, bukan negosiasi lebih lanjut," dengan mencatat bahwa Hamas belum menerima tanggapan pasti mengenai posisi Israel.

Pejabat Palestina menegaskan bahwa gerakan tersebut menolak menerima informasi melalui media dan telah memberi tahu para mediator bahwa mereka sedang menunggu kabar langsung dari mereka bahwa pendudukan Israel telah menyetujui apa yang diumumkan.

Negosiasi mengenai gencatan senjata di Gaza dan kesepakatan pertukaran tahanan sedang berlangsung di ibu kota Mesir, Kairo, dan diperkirakan akan berlanjut hingga akhir pekan.

Hamdan mengonfirmasi bahwa ada kontak yang sedang berlangsung yang ditujukan untuk mengadakan pertemuan guna menentukan hasil terbaru negosiasi tersebut.

"Besok kami akan memiliki dua opsi: Jika entitas menyetujui inisiatif tersebut, kami akan membahas tahap pelaksanaan, atau jika kami mendengar sebaliknya, kami akan memberi tahu mereka tentang posisi kami," tegasnya.

Mengenai peran Amerika Serikat, Hamdan mengindikasikan bahwa Amerika ingin menyebarkan suasana positif tentang negosiasi tersebut untuk mendukung kandidat presiden Demokrat dan Wakil Presiden Kamala Harris dalam kampanye pemilihannya.

Gedung Putih sebelumnya mengklaim bahwa kemajuan telah dibuat dalam negosiasi Kairo, mengecam laporan tentang negosiasi yang hampir "runtuh" ​​sebagai tidak akurat.

Kekhawatiran AS atas perang regional, menurut pejabat Hamas, terkait dengan kalkulasi elektoral dan menurunnya pengaruh Amerika secara global.

Ia juga mengatakan kepada Al Mayadeen bahwa sentimen positif seputar negosiasi gencatan senjata juga merupakan hasil dari tekanan internal terhadap Perdana Menteri pendudukan Israel Benjamin Netanyahu.

Perdana Menteri Israel, kata Hamadan, menyadari bahwa ia tidak dapat terlibat dalam konfrontasi regional skala penuh tanpa campur tangan Amerika Serikat di pihaknya.

Pejabat senior Palestina tersebut menggarisbawahi bahwa potensi eskalasi menjadi konfrontasi regional berasal dari kejahatan yang dilakukan oleh pendudukan Israel di wilayah tersebut, dengan menegaskan bahwa pemerintah AS terlibat dalam kejahatan ini, setelah mendukung pendudukan dengan uang, senjata, dan dukungan politik.

Seorang pejabat senior Perlawanan Palestina sebelumnya mengatakan kepada Al Mayadeen bahwa para mediator telah mencapai formula baru untuk mendekati titik-titik pertikaian antara Hamas dan "Israel".

Menurut sumber tersebut, pokok-pokok pertikaian adalah penarikan pasukan pendudukan Israel dari koridor Netzarim dan Philadelphia serta penyeberangan Rafah, serta masalah tahanan Palestina dalam kemungkinan kesepakatan pertukaran tahanan.

"Israel" bersikeras menolak [nama-nama] sekitar 65 tahanan dengan hukuman penjara seumur hidup, sumber tersebut mengindikasikan.

Pendudukan Israel menolak untuk sepenuhnya menarik diri dari Koridor Philadelphia pada tahap pertama dari kesepakatan potensial dan bersikeras pada keberadaan lokasi militer di sepanjang perbatasan, sumber tersebut menambahkan.

Selain itu, "Israel" bersikeras pada penempatan misi internasional EUBAN di perlintasan Rafah sebagai syarat untuk menarik diri dan mengoperasikannya lagi, sumber tersebut mengatakan kepada Al Mayadeen.

Di tempat lain, sumber tersebut mengonfirmasi bahwa Hamas masih bersikeras pada dokumen 2 Juli mengenai gencatan senjata di Gaza dan kesepakatan pertukaran tahanan sebagai dokumen referensial untuk implementasi daripada subjek untuk negosiasi.

Sebelumnya pada hari Jum'at (23/8/2024), Axios mengutip tiga pejabat Israel yang mengatakan bahwa Presiden AS Joe Biden mendesak Netanyahu selama panggilan telepon mereka pada hari Rabu untuk menyetujui penarikan pasukan Israel dari sebagian perbatasan Mesir-Gaza sebagai bagian dari fase pertama gencatan senjata Gaza dan kesepakatan pertukaran tahanan yang potensial untuk memajukan negosiasi yang sedang berlangsung.

Axios mengatakan bahwa desakan Netanyahu untuk mempertahankan pasukan Israel yang ditempatkan di sepanjang Koridor Philadelphia, yang membentang di sepanjang perbatasan Mesir-Gaza, "telah menjadi salah satu poin pertikaian utama — dan terakhir — dalam perjalanan menuju kesepakatan."

Para pejabat Israel mengungkapkan bahwa meskipun Netanyahu "menerima sebagian" permintaan Biden, ia hanya setuju untuk menarik pasukan. (MYD)


latestnews

View Full Version