View Full Version
Rabu, 28 Aug 2024

Netanyahu Minta Pengamanan Untuk Putranya Yair di AS Diperketat Setelah Pembunuhan Haniyeh

TEL AVIV, ISRAEL (voa-islam.com) - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu baru-baru ini meminta peningkatan keamanan untuk putranya di AS karena kekhawatiran atas pembalasan oleh Iran setelah pembunuhan kepala politik Hamas Ismail Haniyeh bulan lalu di ibu kota Teheran, media lokal melaporkan Selasa (27/8/2024).

Yair Netanyahu, 33, telah tinggal di Miami, Florida sejak April 2023 di bawah perlindungan dinas keamanan internal Shin Bet Israel. Biaya pengawalan keamanannya sekitar sekitar $680.000 (-+Rp 10,5 Miliar) per tahun, menurut situs web berita Israel Walla.

Netanyahu baru-baru ini meminta agar langkah-langkah keamanan diperketat untuk Yair karena khawatir tanggapan Iran dan tanggapan proksinya terhadap pembunuhan Haniyeh mungkin akan menargetkan tokoh-tokoh dan aset Israel di luar negeri, situs web tersebut mencatat.

Walla mengutip sumber anonim yang dekat dengan Netanyahu yang mengatakan bahwa direktur jenderal Kantor Perdana Menteri, Yossi Shelley, baru-baru ini menghubungi Komite Penasihat Shin Bet untuk Keamanan Pribadi untuk meminta peninjauan tingkat keamanan di sekitar Yair.

Sumber tersebut menambahkan bahwa komite penasihat telah meminta materi intelijen untuk membenarkan peningkatan keamanan.

Haniyeh dibunuh di Teheran pada 31 Juli dalam sebuah serangan yang dikaitkan dengan Tel Aviv, meskipun Israel belum secara resmi mengaku bertanggung jawab. Pejabat senior Iran telah bersumpah untuk membalas. (MeMo/Ab)


latestnews

View Full Version