View Full Version
Selasa, 03 Sep 2024

Media Israel: Bukan Hamas Yang Runtuh, Melainkan Israel

TEL AVIV, ISRAEL (voa-islam.com) - Media Israel menyoroti "pemulihan kemampuan Hamas di Gaza utara," sementara Jenderal cadangan Yitzhak Brik memperingatkan tentang "kerugian tentara jika pertempuran berlanjut" dan menyerukan kesepakatan gencatan senjata untuk mengembalikan para tawanan.

Media Israel mengutip sumber keamanan yang mengonfirmasi bahwa "Hamas telah berhasil memulihkan kemampuannya di Jalur Gaza utara."

Laporan menunjukkan bahwa sekitar 3.000 pejuang Hamas "telah melanjutkan operasi di Jalur Gaza utara dan secara aktif bekerja untuk meningkatkan kemampuan operasional organisasi."

Perkiraan ini menunjukkan bahwa masalah tersebut melibatkan perekrutan anggota baru Hamas dalam beberapa bulan terakhir, daripada memindahkan pejuang dari bagian selatan ke bagian utara Jalur Gaza. Meski demikian, pejabat senior di lembaga keamanan dan militer telah menyatakan bahwa serangan skala besar ke Jalur Gaza utara menjadi hal yang tak terelakkan.

"Bukan Hamas yang runtuh, melainkan Israel"

Dalam sebuah artikel berjudul "Bukan Hamas yang runtuh, tetapi Israel," yang diterbitkan di Haaretz, Brigadir Jenderal pensiunan Yitzhak Brik memberikan penilaian kritis terhadap pertempuran yang sedang berlangsung di Jalur Gaza. Ia menggarisbawahi kerugian yang signifikan dan terus meningkat yang dihadapi "Israel", dengan menyatakan bahwa perang tersebut memberikan dampak yang jauh lebih berat pada "Israel" sendiri daripada pada Hamas.

Ia berpendapat bahwa para prajurit kelelahan dan kehilangan keterampilan mereka karena kurangnya pelatihan; terutama karena banyak yang meninggalkan kursus mereka sebelum menyelesaikannya.

"Beberapa pihak berpendapat bahwa menarik pasukan militer dari Gaza setelah menandatangani kesepakatan penyanderaan dengan Hamas sama saja dengan kalah dan menyerah... Klaim ini didasarkan pada kesalahpahaman mendasar tentang apa yang terjadi di Jalur Gaza. Klaim ini dipicu oleh klise yang disebarkan oleh eselon politik dan militer untuk membenarkan tindakan mereka dan mendapatkan dukungan publik serta legitimasi untuk melanjutkan perang yang gagal... orang-orang yang sama yang menyatakan bahwa penghentian permusuhan berarti kekalahan dan penyerahan diri kitalah yang membawa militer semakin dekat ke kehancuran dan negara ke kejatuhannya," tambahnya.

Ia menunjukkan perlunya memusatkan pasukan pendudukan di sektor lain, yaitu di utara dan Tepi Barat karena eskalasi yang sedang berlangsung, pasukan pendudukan harus mundur dari Gaza karena "tidak ada cukup pasukan untuk bertempur di beberapa front pada saat yang sama." "Dengan kata lain, suatu hari nanti IDF tidak akan bisa lagi bertahan di Jalur Gaza karena Hamas akan menguasai sepenuhnya – baik di kota terowongan bawah tanah yang membentang ratusan kilometer maupun di atas tanah," jelas Brik.

Ia menambahkan: "Jika kita menghentikan penyerbuan karena militer lemah dan karena kita tidak punya pilihan lain, atau jika kita memindahkan pasukan kita ke daerah lain, musuh kita akan mengumumkan dengan gembar-gembor bahwa militer Israel telah menyerah, meninggalkan Gaza dan meninggalkan negara itu."

Meski demikian, Brik menyarankan agar dengan mendahului keadaan dan menyetujui kesepakatan untuk memulangkan tawanan dan tahanan, pertempuran di Gaza harus diakhiri. (MYD/Ab)


latestnews

View Full Version