View Full Version
Ahad, 15 Sep 2024

Israel Tawarkan Status Penduduk Tetap Pada Pencari Suaka Afrika Jika Mau Berperang Di Gaza

TEL AVIV, ISRAEL (voa-islam.com) - Pemerintah Zionis Israel menawarkan status penduduk tetap kepada para pencari suaka Afrika jika mereka ikut berperang di Gaza, situs berita Israel Haaretz melaporkan, berdasarkan laporan pribadi yang diperoleh.

Pejabat pertahanan yang berbicara secara tidak resmi mengatakan sistem tersebut akan diterapkan secara terorganisasi di bawah bimbingan penasihat hukum di lembaga pertahanan.

Rencana tersebut telah banyak dikritik karena masalah etika, terutama karena para pencari suaka Afrika akan mempertaruhkan nyawa mereka dan juga karena hingga saat ini, tidak ada pencari suaka yang ikut serta dalam perang di Gaza yang telah diberi status resmi.

Selama serangan yang dipimpin Hamas pada tanggal 7 Oktober di Israel, tiga pencari suaka tewas.

Menurut Haaretz, saat ini ada sekitar 30.000 pencari suaka Afrika di Israel, kebanyakan dari mereka adalah pemuda.

Sekitar 3.500 dari mereka adalah warga negara Sudan dengan status sementara, dengan pengadilan yang belum memutuskan permohonan mereka.

Sejak Israel melancarkan perang di Jalur Gaza, banyak pencari suaka yang menjadi sukarelawan untuk pekerjaan pertanian, serta di pusat komando sipil, dan beberapa di militer Israel.

"Pejabat pertahanan menyadari bahwa mereka dapat menggunakan bantuan pencari suaka dan memanfaatkan keinginan mereka untuk memperoleh status permanen di Israel sebagai insentif," demikian pernyataan laporan di Haaretz.

Laporan tersebut juga mengutip satu kasus, di mana seorang pencari suaka tiba di Israel pada usia 16 tahun tetapi hanya diberi status sementara. Meskipun status ini memberinya sebagian besar hak yang diberikan kepada warga Israel, status tersebut mengharuskannya untuk memperbaruinya secara berkala.

Pria itu kemudian menceritakan bahwa ia pernah menerima telepon dari seseorang yang mengaku sebagai polisi dan menyuruhnya untuk melapor ke fasilitas keamanan, di mana ia diberi tahu bahwa mereka sedang mencari orang untuk bergabung dengan tentara dan bahwa ini adalah "perang hidup atau mati" bagi Israel.

Pejabat tersebut dilaporkan memberi tahu pria itu bahwa akan ada masa pelatihan selama dua minggu jika ia direkrut dan bahwa gaji yang akan ia terima untuk dinas militer akan sama dengan apa yang ia peroleh di pekerjaannya.

Pria itu mengatakan dia tidak tahu mengapa dia yang dipilih dan bukan yang lain, tetapi pejabat keamanan mengatakan mereka mencari orang-orang yang "istimewa".

Banyak yang mengkritik praktik tersebut, mengklaim bahwa Israel mengeksploitasi orang-orang yang telah melarikan diri dari negara asal mereka karena perang, tetapi semua perhatian telah dibungkam, Haaretz melaporkan.

Mereka juga menyatakan bahwa kementerian dalam negeri Israel juga menjajaki kemungkinan untuk merekrut anak-anak pencari suaka yang telah dididik di sekolah-sekolah Israel di militer Israel.

Di masa lalu, Israel telah mengizinkan anak-anak pekerja asing untuk bertugas di militer dengan imbalan pemberian status kepada anggota keluarga dekat mereka. (TNA/Ab)


latestnews

View Full Version