View Full Version
Selasa, 11 Dec 2012

Sudan Tangkap Burung Nasar Mata-mata Israel

SUDAN (voa-islam.com) - Para pejabat di Sudan mengatakan mereka telah menangkap seekor burung nasar yang diduga dipasangi alat yang dikirim oleh Israel dalam misi mata-mata.

Penemuan burung tersebut terjadi di Kereinek, sebuah kota di wilayah Darfur, Sudan barat, media Israel melaporkan.

Para pejabat Sudan mengatakan telah menyimpulkan bahwa burung tersebut adalah agen rahasia setelah menemukan burung itu dilengkapi dengan GPS dan peralatan bertenaga surya yang mampu menyiarkan gambar melalui satelit, menurut surat kabar Haaretz, yang mengutip situs Mesir, El Balad.

Burung nasar itu juga memiliki lebel yang melekat pada kakinya dengan tulisan "Israel Nature Service" dan "Hebrew University, Jerusalem", yang mengarah ke tuduhan bahwa burung itu sedang melakukan misi pengintaian Israel.

Para pejabat Israel telah mengakui bahwa burung yang bisa terbang hingga 375 mil per hari itu telah dilengkapi dengan peralatan Israel tetapi bersikeras alat itu sedang digunakan untuk mempelajari pola migrasi.

Ohad Hazofe, ekolog dari Otoritas Alam dan Taman Israel, mengatakan kepada situs, Ynet, bahwa burung itu adalah salah satu dari 100 burung nazar yang dipasangi dengan sistem GPS pada bulan Oktober untuk mengambil pembacaan jarak dan ketinggian tetapi tidak untuk gambar mata-mata. (st/tlgrp)


latestnews

View Full Version