View Full Version
Rabu, 24 Apr 2013

Tentara Suriah Hancurkan Menara Masjid Sunni Bersejarah di Kota Aleppo

ALEPPO, SURIAH (voa-islam.com) - Tentara Suriah hari Rabu (23/4/2013)  menghancurkan menara masjid Sunni terkenal dari abad ke 12 di kota utara Suriah, Aleppo.

Masjid Umayyah yang dibangun pada abad ke 12 merupakan masjid Sunni terkenal yang terletak di jantung Kota Tua Aleppo, sebuah situs Warisan Dunia UNESCO.

Ini adalah kali kedua dalam lebih dari sepekan bahwa sebuah masjid Sunni bersejarah di Suriah telah rusak parah dihancurkan rezim Syi'ah Alawit Bashar Al-Assad.

Kantor berita negara Suriah SANA menuduh pejuang Islam Sunni dari kelompok Jabhat Al-Nursrah yang terkait Al-Qaidah meledakkannya, sementara aktivis yang berbasis di Aleppo Mohammed al-Khatib mengatakan sebuah tank tentara Suriah menembakkan sebuah roket yang "menghancurkan total" menara tersebut.

Masjid Umayyah jatuh ke tangan pejuang oposisi awal tahun ini setelah pertempuran sengit yang merusak komplek bersejarah tersebut. Daerah di sekitar itu, bagaimapanun, masih diperebutkan kedua belah pihak. Pasukan Suriah sendiri berjarak sekitar 200 meter jauhnya dari lokasi.

Sebuah video amatir yang diposting online oleh kelompok aktivis anti-pemerintah Aleppo Media Center  menunjukkan lengkungan masjid, hangus dari pertempuran sebelumnya, dan tumpukan puing di mana menara tersebut berdiri.

Berdiri di dalam halaman masjid, seorang pria yang tampaknya menjadi pejuang oposisi mengatakan pasukan rezim Bashar Al-Assad baru-baru ini menembakkan tujuh roket pada menara tersebut tetapi gagal untuk menjatuhkannya. Dia mengatakan bahwa pada Rabu tembakan pasukan rezim mencapai target mereka.

"Kami berdiri di sini hari ini dan tiba-tiba roket-roket mulai menghantam menara. Mereka (tentara Suriah) kemudian berusaha menyerbu masjid tapi kami memukul mundur mereka," kata pria itu.

Video itu tampak asli dan berhubungan dengan pelaporan Associated Press lainnya.

Kehancuran di masjid Sunni di Aleppo muncul hanya sepekan setelah menara dari masjid Sunni bersejarah lainnya, Masjid Omari di kota selatan Daraa hancur. Masjid Daraa dibangun selama penaklukan Islam terhadap Suriah pada zaman Khalifah Umar Bin Khattab pada abad ke 7.

Masjid-masjid berfungsi sebagai batu loncatan untuk protes anti-pemerintah pada hari-hari awal pemberontakan Suriah, dan banyak dari masijid-masjid tersebut yang telah menjadi target penghancuran oleh rezim  Damaskus . (an/AP)


latestnews

View Full Version