View Full Version
Senin, 24 Jan 2022

Marak Fenomena Pinjol, Ditzawa Dorong LAZ Bantu Korban

DEPOK (voa-islam.com)--Maraknya fenomena masyarakat yang terjerat pinjaman online (pinjol) ilegal dengan bunga yang sangat tinggi turut menjadi sorotan dari Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama.

Kasubdit Edukasi, Inovasi, dan Kerja Sama Zakat Wakaf, Wida Sukmawati mengajak pengurus Lembaga Amil Zakat (LAZ) untuk turun tangan dalam membantu masyarakat yang terjerat utang pinjol.

"Karena sesungguhnya orang yang mempunyai utang (ghorimin) merupakan salah satu golongan (asnaf) yang berhak untuk menerima bantuan dari zakat," terang Wida di Depok, Jumat (21/1/2022).

Namun, Wida menyampaikan, dalam memberikan bantuan kepada korban, LAZ harus melakukan verifikasi terlebih dahulu terkait alasan korban sehingga dapat terjerat utang pinjol tersebut.

"Jika memang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup, bisa dibantu. Tapi jika hanya untuk kegiatan konsumtif, ya tidak termasuk dalam golongan gharimin tadi," terangnya.

Oleh sebab itu, Wida mengajak umat Islam agar menyalurkan zakatnya melalui sejumlah Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang telah terjamin kredibilitasnya agar penyalurannya lebih merata kepada 8 golongan yang berhak menerima zakat.

"Dengan menyalurkan melalui BAZNAS dan LAZ yang sudah kredibel, maka zakat tersebut menjadi lebih terjamin, baik dalam penghimpunan maupun pendistribusian," pungkasnya.*

Sumber: Bimas Islam


latestnews

View Full Version