View Full Version
Jum'at, 24 Mar 2023

Bagian dari Program Ramadhan 1444 H, Dewan Dakwah Jabar Kirim Kafilah Dakwah ke Pelosok

BANDUNG (voa-islam.com) - Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia (DDII) Jawa Barat secara seremonial melakukan pelepasan dai pelosok dalam program “Da’i dan Da’iyah Kafilah Dakwah Ramadhan 1444 H/2023 M” di Kampus  Akademi Da’wah Indonesia (ADI) Jawa Barat, Selasa (21/03).

Sebanyak 15 dai dan daiyah yang merupakan mahasiswa ADI tersebut dilepaskan langsung oleh Ketua Umum Dewan Dakwah Jawa Barat, Ustadz KH. Roinul Balad dengan disaksikan oleh Direktur ADI dan pengurus yang lainnya.

Dalam amanatnya KH.Roinul Balad menyampaikan bahwa momen Ramadhan ini harus dimanfaatkan dan dimaksimalkan dalam ibadah dan juga amal sholeh lainnya termasuk berdakwah kepada masyarakat yang membutuhkan.

Sebagian para dai dan daiyah dalam kafilah dakwah Ramadhan 1444 H ini akan bertugas di daerah Cianjur yang merupakan penyintas korban gempa bumi kedatangan 21 November 2022 yang lalu.

“Mereka akan bertugas selama satu bulan dalam membersamai masyarakat setempat khususnya selama bulan Ramadhan ini,” ungkapnya dalam keterangan tertulisnya.

KH.Roin menjelaskan para dai daiyah ini akan berkiprah dalam pembinaan meliputi belajar membaca Al Quran, menjadi guru TPA/TPQ, menjadi imam shalat Tarawih sampai menjadi imam Shalat Idul Fitri.

Selain itu para dai dan daiyah ini juga berbagi ilmu keislaman lainnya seperti berbekam, metode kesehatan islami serta pelatihan dalam pemulasaraan jenazah.

“Ini adalah salah satu bentuk komitmen  kami dari kawan-kawan Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia khususnya yang ada di Jawa Barat. Dalam hal ini kami sangat komitmen untuk melaksanakan kegiatan dakwah bukan hanya di bulan Ramadhan saja tetapi sepanjang bulan di luar Ramadhan juga aktivitas dakwah khususnya di pelosok negeri ini terus kami lakukan,” jelasnya.

Untuk itu pihaknya sangat terbuka untuk menjalin kerja sama dan sinergi program dakwah yang sevisi dan semisi dengan berbagai pihak, baik lembaga dakwah, ormas Islam maupun pihak pemerintah dan instansi lainnya.

“Kami mengucapkan terima kasih, jazakumullahu khairan katsiran kepada semua donatur dan semua pihak yang telah turut serta berpartisipasi dalam program dakwah ini. Semoga di bulan  Ramadhan yang penuh berkah ini, Allah Ta’ala senantiasa mencurahkan keberkahan dan membalas amal sholeh bapak ibu semua,” pungkasnya.

Sebelumnya ketua Dewan Dawah Jawa Barat juga sudah menerima rombongan Kafilah Dawah sebanyak 41 mahasiswa dan mahasiswi dari STID M. Natsir, serah terima  pada tanggal 16 Maret 2023 bertempat di pesantren Madyan Bayubud Kab. Cianjur. [ril/syahid/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version