View Full Version
Kamis, 20 Apr 2023

Ustaz Yusran Hadi: 'Setelah Ramadhan, Kita Diharapkan Istiqamah Tadarus Al-Qur'an Setiap Hari'

BANDA ACEH (voa-islam.com) - Ketua Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Provinsi Aceh Ustaz Dr. Muhammad Yusran Hadi, Lc., MA. mengingatkan umat Islam untuk senantiasa memperbanyak tadarus Al-Qur'an pasca kepergian bulan Ramadhan ini.

Hal ini disampaikan oleh ustaz Yusran Hadi dalam ceramah Shubuh pada hari ini Kamis (20/4/23) di Masjid At-Taqwa Muhammadiyah Meulaboh. Ceramah yang berlangsung selama lebih kurang 30 menit ini diikuti secara antusias oleh para jama'ah shalat Shubuh.

"Hari ini Kamis merupakan hari ke dua puluh sembilan Ramadhan. Insya Allah besok Jum'at tanggal 1 Syawal 1444 H/ 21 April 2023 bagi saudara-saudara kita warga Muhammadiyah dan umat Islam lainnya akan berhari raya dan melakukan shalat Idul Fitri. Berarti masih hari ini masih tersisa satu hari lagi Ramadhan untuk berpuasa dan bertadarus padanya."

"Namun, bagi sebahagian saudara-saudara kita lainnya berhari raya pada hari Sabtu tanggal 1 Syawal 1444 H/22 April 2023 masih tersisa waktu dua hari lagi untuk berpuasa dan bertadarus Al-Qur'an padanya yaitu hari ini Kamis dan besok Jum'at. Maka manfaatkanlah  waktu tersisa ini untuk bertadarus Al-Qur'an," ujar ustaz Yusran Hadi.

Ustaz  Yusran Hadi yang juga sebagai ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Syah Kuala Banda Aceh menegaskan pentingnya tadarus Al-Qur'an di setiap waktu setelah Ramadhan ini..

"Tadarus Al-Qur'an tidak hanya diperintahkan pada bulan Ramadhan, namun diperintahkan pada setiap waktu. Hanya saja di bulan Ramadhan lebih utama dibandingkan di bulan lainnya karena bulan Ramadhan Al-Qur'an dan bulan keberkahan."

"Saya yakin semua kita semangat dalam bertadarus Al-Qur'an selama bulan Ramadhan ini. Ada yang mengkhatamkan beberapa kali. Minimal sekali. Ini adalah prestasi yang peelu dipertahankan. Karena sebelum Ramadhan, kita  tidak mampu melakukannya. Namun selama bulan Ramadhan kita melakukannya. Meskipun minimal hanya sekali khatam."

"Maka setelah kepergian Ramadhan ini, kita diharapkan istiqamah tadarus Al-Qur'an setiap hari seperti di bulan Ramadhan dalam sebelas bulan ke depan. Karena kita sudah terbiasa melakukan melakukannya di bulan Ramadhan. Inilah tanda kesuksesan Ramadhannya dan ciri orang yang bertakwa. Karena bulan Ramadhan merupakan bulan training untuk memperbanyak ibadah," tegasnya.

Ustaz Yusran yang juga sebagai Doktor Fiqh dan Ushul Fiqh lulusan International Islamic University Malaysia (IIUM) menjelaskan tujuan disyaratkannya puasa dan ibadah lainnya di bulan Ramadhan.

"Orang-orang yang beribadah pada bulan Ramadhan bertujuan untuk menjadi orang yang bertakwa. Karena bulan Ramadhan merupakan bulan ketakwaan. Melalui ibadah puasa dan ibadah lainnya yang dilakukan, seseorang akan mendapatkan ketakwaan seperti yang disebutkan dalam surat Al-Baqarah ayat 183."

"Maka diharapkan kita sepeninggal bulan ramadhan ini menjadi orang yang bertakwa. Orang yang yang bertakwa adalah orang yang melaksanakan segala peruntah Allah dan meninggalkan segala larangan-Nya. Dan di antara ciri-ciri orang brrtakwa adalah senantiasa bertadarus Al-Qur'an di setiap waktu," jelasnya.

Di akhir ceramahnya, ustaz Yusran Hadi mengajak umat Islam untuk senantiasa memperbanyak tadarus Al-Qur'an terutama pada bulan Ramafhan.

"Sebagai penutup ceramah ini, mari kita memperbanyak tadarus Al-Qur'an pada setiap waktu terutama di bulan Ramadhan. Sangatlah rugi orang yang tidak bertadarus Al-Qur'an pada Ramadhan ini dan pasca kepergian Ramadhan, mengingat banyak keutamaan bulan Ramadhan dan keutamaan tadarus Al-Qur'an pada setiap waktu. Semoga kita dapat meraih berbagai keutamaan-keutamaan ini," pungkasnya.

Hadir pada acara ceramah Shubuh ini Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Meulaboh  H. D. I. Nasution, SPDI, MA, ketua BKM Masjid At-Taqwa Muhammadiyah Meulaboh Ir. Mahmud Idris dan sejumlah tokoh PDM Meulaboh serta BKM Majid AT-Taqwa Melaboh.

Selain mengadakan kegiatan ceramah Shubuh Ramadhan dan Tarawih selama bulan Ramadhan, BKM Masjid At-Taqwa Meulaboh juga mengadakan shalat Qiyamul Lail pada pukul 3 sampai pukul 4 shubuh menjelang sahur selama sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan dan program bersahur bersama jama'ah Qiyamul Lail.


latestnews

View Full Version