View Full Version
Selasa, 23 May 2023

Dewan Hisbah PP Persis Gelar Sidang Lengkap Dewan Hisbah I tahun 2022-2023

BANDUNG (voa-islam.com) - Dewan Hisbah Pimpinan Pusat Persatuan Islam menggelar Sidang Lengkap Dewan Hisbah I tahun 2022-2023. Sidang digelar di Pesantren Persatuan Islam (PERSIS) 50 Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (23/5/2023).

Ketua panitia, ustaz Rahmat Najieb berharap hasilnya dapat menenteramkan ummat.

"Harapannya adalah sesuai rencana, kemudian semua bertambah ilmunya, keputusan Dewan Hisbah diharapkan dapat menentramkan ummat, khususnya dalam beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala (SWT). dalam beraqidah dan bermuamalah," ungkapnya.

Ustaz Rahmat juga berharap semua pihak mendapat manfaat dan keberkahan.

"Semua yang mendengarkan, menyaksikan, kemudian yang nanti membaca hasilnya juga merasakan manfaat dan bertambah ilmu, kemudian untuk para petugas atau panitia semuanya lancar, lillah insyaallah lillah ini akan mendapatkan barakah," harapnya.

Sidang lengkap Dewan Hisbah tahun ini mengangkat 11 materi yang akan disidangkan. Di antaranya tentang konsep penerapan syariat; konsep bid'ah; hukum penggunaan E-Payment; waris bagi anak dalam kandungan kurang dari 120 hari; hukum memperingati hari tertentu di luar ritual keagamaan; hukum kepemimpinan dan jabatan publik oleh perempuan; kriteria hadits hasan lighairihi dan penerapannya; kriteria hadits dhaif yang dapat diamalkan; penerapan kaidah maa laa yudraku kulluhu laa yudraku kulluhu dalam ibadah mahdhah; batasan tasyabuh dalam muamalah; hukum membatasi masa jabatan kepemimpinan.

Sidang juga dihadiri oleh seluruh anggota Dewan Hisbah dan perwakilan dari seluruh PD dan PW yang ada di Indonesia. Rencananya, pihak panitia akan menyiapkan big screen di beberapa tempat untuk peserta yang tidak masuk ruang sidang.

Sidang akan berlangsung sampai hari Kamis 25 Mei mendatang, dan akan ditutup dengan pembacaan keputusan dari setiap persoalan yang dijadikan pembahasan.

Foto: Sidang Dewan Hisbah PP Persis di Pesantren Persatuan Islam 50 Lembang, Bandung beberapa tahun lalu.


latestnews

View Full Version