View Full Version
Rabu, 05 Oct 2022

Warga Yogya Harap Anies Jadi Presiden Penerus Jokowi

JAKARTA (voa-islam.com)--Partai NasDem resmi mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden pada Pilpres 2024. Deklarasi disampaikan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10).

Sebagai partai politik pertama yang mengusung Anies, langkah NasDem menuai berbagai respon masyarakat, termasuk masyarakat Yogyakarta. Anggota Fraksi Partai NasDem DPR RI yang juga Ketua DPW Partai NasDem DIY, Subardi mengatakan, banyak warga DIY berharap Anies terpilih jadi Presiden pada Pemilu 2024.

“Banyak yang mendoakan Anies jadi Presiden penerus Jokowi. Anies kan lama tinggal di Yogya. Sejak SD hingga Sarjana menempuh studi di Yogya. Memang ada kedekatan dengan warga Yogya,” kata Subardi, Senin (3/10).

Anies sejak SD berada di Yogyakarta. Ia sekolah di SD Negeri Percobaan 2 Kabupaten Sleman. Selanjutnya di SMP Negeri 5 Yogyakarta dan meneruskan di SMAN 2 Yogyakarta. Di masa kuliah, Anies merupakan mahasiwa Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tahun 1989.

Menurut Subardi, pribadi Anies yang hangat dan santun masih melekat di benak rekan-rekan hingga warga Yogyakarta yang pernah kenal Anies. Subardi mengaku, sejak resmi diumumkan oleh Partai NasDem, pihaknya banyak menerima pesan dukungan dari masyarakat Yogyakarta.

“Berapa menit setelah NasDem resmi mengusung Anies, WA saya ramai. Pesan-pesan di medsos DPW juga ramai. Responnya bagus, bangga, penuh harap agar Anies terpilih jadi Presiden penerus Jokowi,” kata Mbah Bardi, sapaan akrabnya.

Terlepas dari kedekatan dengan warga Yogyakarta, Subardi menilai sosok Anies memiliki kapasitas sebagai calon Presiden. Gubernur DKI Jakarta itu dinilai kandidat paling kompetitif dari berbagai survei. Elektabilitas Anies juga konsisten di tiga besar. Atas alasan itulah, Partai NasDem mengusung Anies melalui mekanisme berjenjang dan demokratis, termasuk telah diputuskan oleh Rakernas.

Subardi juga mengatakan bahwa pesan Surya Paloh atas pencalonan Anies sangat jelas, yakni kepentingan bangsa di atas segalanya. Alasan ini membuat Subardi yakin, sosok Anies akan menuai dukungan dari basis pemilih Partai NasDem maupun masyarakat luas. Selain itu, Anies juga memiliki faktor kapasitas, elektabilitas, dan leadership.

“Bagi saya di Dapil DIY, Anies adalah paket komplet. Masyarakat di sini responnya bagus. Anies diusung karena faktor kapasitasnya. Tetapi selain itu, Anies dan NasDem memiliki kesepahaman bahwa ikhtiar politik ini untuk kepentingan bangsa. NasDem selalu komitmen dengan garis politik kebangsaan,” tutup Subardi.*

Sumber


latestnews

View Full Version