View Full Version
Selasa, 25 Jan 2022

Pemimpin Oposisi Utama Inggris Desak Boris Johnson Mundur Dari Jabatan Perdana Menteri

LONDON, INGGRIS (voa-islam.com) - Pemimpin oposisi utama Inggris, Keir Starmer, telah meminta Perdana Menteri Boris Johnson untuk mengundurkan diri setelah pengungkapan baru mengkonfirmasi bahwa sebuah pesta diadakan untuknya di kantornya selama penguncian COVID-19.

Dalam sebuah posting twitter pada hari Selasa (25/1/2022), Starmer mengecam perdana menteri sebagai "gangguan nasional," mengatakan jutaan orang "berjuang untuk membayar tagihan", sementara Johnson dan pemerintahnya "menghabiskan sepanjang waktu membersihkan aturan mereka sendiri yang melanggar, bajingan. dan penipuan.”

“Dia harus pergi,” kata pemimpin Partai Buruh itu, menyerukan agar Johnson segera mengundurkan diri.

Dalam pernyataan yang dikutip oleh Skynews pada hari Selasa, Starmer mengatakan negara itu “tidak mampu melanjutkan pemerintahan yang kacau dan tanpa kemudi ini.”

"Setiap perdana menteri yang menyesatkan parlemen harus mengundurkan diri," tegasnya.

Dia juga membagikan artikelnya di Twitter, yang diterbitkan di Huffington Post, mengatakan “orang-orang di seluruh negeri menghadapi kenaikan biaya tetapi Boris Johnson dan Rishi Sunak (Menteri Keuangan) tidak terlihat di mana pun.”

"Pesan saya kepada Pemerintah sederhana saja: Akhiri keragu-raguan dan penundaan. Kembalikan rencana Buruh untuk memberikan keamanan bagi jutaan orang, tulis Starmer.

“Pada saat pemerintah harus memimpin tuntutan terhadap tekanan yang dihadapi orang, mereka putus asa terganggu oleh skandal buatan mereka sendiri dan permainan ruang tamu Westminster,” tulis artikel itu.

“Tetapi sementara Tories menghabiskan waktu mereka untuk menghina intelijen rakyat Inggris dengan penolakan dan pembelaan konyol atas perilaku mereka, Partai Buruh datang dengan rencana serius untuk masalah serius yang dihadapi negara ini.”

Kantor perdana menteri Inggris telah mengkonfirmasi pesta yang melanggar aturan terjadi di hadapannya.

Pernyataan Starmer muncul setelah pengungkapan bahwa hingga 30 orang telah berkumpul di dalam kediaman PM di 10 Downing Street untuk merayakan ulang tahunnya pada Juni 2020.

Selain pesta ulang tahunnya, ada beberapa pertemuan Downing Street lainnya tahun lalu di tengah penguncian ketat di negara itu.

Johnson telah memberikan banyak alasan dan penjelasan tentang pihak-pihak di berbagai titik.

Pertama dia menolak fakta bahwa aturan telah dilanggar tetapi kemudian meminta maaf kepada orang-orang Inggris atas kemunafikan yang tampak dari pertemuan semacam itu, ketika bangsa itu sedang berduka atas mereka yang mati oleh pandemi.

Sue Gray, pegawai negeri senior Inggris yang saat ini menjadi sekretaris tetap kedua di kantor kabinet, memimpin penyelidikan ke partai-partai PM dan diperkirakan akan melaporkan temuannya akhir pekan ini.

Dia telah mewawancarai politisi yang berbeda yang mungkin memiliki rincian tentang partai.

Menurut The Telegraph, sekelompok petugas polisi yang menjaga kantor Johnson pada saat pesta pelanggar penguncian juga telah diwawancarai oleh Gray untuk penyelidikan, dan mereka telah memberikan bukti yang "sangat memberatkan".

Tentang betapa pentingnya informasi mereka, sebuah sumber mengatakan kepada surat kabar Inggris: "Begini, jika Boris Johnson masih menjadi perdana menteri pada akhir minggu, saya akan sangat terkejut."

Johnson menghadapi pekan make-or-break untuk jabatan perdana menteri saat anggota parlemen menunggu temuan penyelidikan. (ptv)


latestnews

View Full Version