View Full Version
Senin, 23 May 2022

Orang Bersenjata Tembak Mati Seorang Kolonel Pasukan Elit Iran Di Teheran

TEHERAN, IRAN (voa-islam.com) - Seorang anggota senior Koprs Pengawal Revolusi Syi'ah Iran (IRGC) yang kuat tewas di luar rumahnya di Teheran pada hari Ahad (22/5/2022) oleh orang-orang bersenjata tak dikenal di atas sepeda motor, TV pemerintah melaporkan.

Meskipun IRGC hanya memberikan sedikit detail tentang serangan yang terjadi di siang hari bolong di jantung ibu kota Iran, kelompok itu menyalahkan pembunuhan itu atas "kesombongan global," biasanya kode untuk Amerika Serikat dan Israel.

Tuduhan itu, serta gaya pembunuhan yang berani, meningkatkan kemungkinan hubungan dengan pembunuhan sepeda motor lain yang sebelumnya dikaitkan dengan Israel di Iran, seperti yang menargetkan ilmuwan nuklir negara itu. Tidak ada klaim tanggung jawab langsung atas serangan itu.

Kedua penyerang menembak Kolonel Hassan Sayyad Khodaei lima kali dalam mobilnya, kata media pemerintah, langsung dari jalan yang sangat aman menuju parlemen Iran.

Laporan mengidentifikasi Khodaei hanya sebagai “pembela tempat suci,” referensi ke Iran yang berperang melawan kelompok jihadis Islamic State (IS) di Suriah dan Irak dalam pasukan elit Quds IRGC yang mengawasi operasi asing.

Sedikit informasi yang tersedia untuk umum tentang Khodaei, karena perwira Quds cenderung menjadi sosok bayangan yang menjalankan misi militer rahasia yang mendukung Hizbulata, kelompok militan Syi'ah Libanon, dan milisi-milisi Syi'ah lainnya di Suriah, Irak, dan di tempat lain.

Jaksa Teheran tiba di TKP beberapa jam setelah pembunuhan untuk menyelidiki dan menuntut polisi segera menangkap para pelaku. Kecepatan penyelidikan menunjukkan Khodaei orang penting dalam struktur keruh operasi luar negeri IRGC.

Pasukan keamanan mengejar tersangka penyerang, TV pemerintah melaporkan, tanpa memberikan rincian lebih lanjut atau memberikan motif pembunuhan.

Sekitar waktu yang sama, media yang dikelola pemerintah mengklaim pasukan keamanan Pengawal Revolusi telah menemukan dan menangkap anggota jaringan intelijen Israel yang beroperasi di negara itu, tanpa merinci apakah mereka memiliki hubungan dengan pembunuhan Khodaei. (AN)


latestnews

View Full Version