View Full Version
Ahad, 19 Aug 2012

Bashar al-Assad : Kami Terus Berperang Sampai Darah Penghabisan

Damaskus (voa-islam.com) Presiden Bashar al-Assad melakukan shalat Idul Fitri di sebuah masjid Damaskus pada hari Ahad. Televisi pemerintah melaporkan, ini merupakan penampilan pertamanya di depan umum sejak pemboman Juli di ibukota Suriah yang menewaskan empat pejabat tingkat tinggi dibidang keamanan.

Bashar al-Assad menegaskan tidak akan menyerah dengan teroris yang didukung oleh Amerika Serikat, Israel, dan Negara-negara Arab, sampai titik darah yang penghabisan, tegasnya.

Assad, terus memerangi rakyatnya yang ingin melakukan perubahan, dan pemberontakan dari kalangan oposisi itu sudah berlansung selama 17-bulan, dan masih terus berlangsung sampai hari ini. Assad didampingi oleh perdana menteri, tapi Wakil Presiden, Farouk al-Shara, tidak nampak dalam shalat Idul Fitri itu, ini menimbulkan tanda tanya.

Dalam rekaman televisi pemerintah, Assad sedang duduk bersila selama khotbah, di mana khotib digambarkan Suriah sebagai korban konspirasi  Amerika Serikat, Israel, Barat dan negara-negara Arab, tetapi yang tidak akan "mengalahkan Islam, ideologi kita dan tekad rakyat Suriah ", ungkap khatib itu.

Para Juli 18 pemboman di markas keamanan negara di Damaskus merupakan pukulan yang mematikan bagi Assad, di mana Assad kehilangan saudara ipar dalam serangan itu, dan pertempuran yang dahsyat di jantung kota Damaskus dan Aleppo yang merupakan  pusat komersial.

Pihak berwenang Suriah, membantah laporan bahwa Shara telah membelot ke Yordania,  saat pasukan Assad melakukan  ofensif terhadap pasukan oposisi. Di mana pasukan Assad  membombardir  Aleppo dan menyerang sebuah kota yang dikuasai oposisi di penghasil minyak timur.

Shara "tidak pernah berpikir  meninggalkan negara", kata sebuah pernyataan di televisi pemerintah dalam menanggapi laporan bahwa veteran Partai Baath loyalis telah lari ke Yordania.

Assad, memerangi oposisi yang dipimpin oleh kelompok Muslim Sunni, dan pemimpin Suriah itu telah ditinggalkan oleh sejumlah pejabat senior, termasuk perdana menteri Riyadh Hijab dua pekan lalu.

Shara, yang sepupu - kepala intelijen - mengumumkan pembelotannya sendiri pada hari Kamis, adalah seorang Muslim Sunni dari Deraa, provinsi di mana pemberontakan dimulai berlangsssung terhadap Assad, yang merupakan seorang anggota dari sekte minoritas Alawit (syiah).

Sekjen PBB Ban Ki-moon menunjuk diplomat Aljazair Lakhdar Brahimi sebagai mediator internasional baru untuk Suriah. Brahimi, yang ragu-ragu sebelum menerima pekerjaan yang Perancis utusan PBB Gerard Araud disebut "misi mustahil", akan menggantikan mantan Sekjen PBB Kofi Annan, yang meninggalkan pada akhir bulan.

Menggambarkan situasi di Suriah sebagai "sangat mengerikan", Brahimi mengatakan kepada Reuters ia sangat dibutuhkan untuk menjelaskan apa yang mendukung PBB bisa memberinya dan mengatakan terlalu dini untuk mengatakan apakah Assad harus mundur - berbeda dengan Annan yang mengatakan jelas pemimpin Suriah "harus meninggalkan kantor".

Para pengamat PBB terakhir yang digelar di Suriah empat bulan lalu untuk memantau gencatan senjata Annan gagal akan meninggalkan setelah tengah malam pada hari Minggu, ketika mandat mereka berakhir. mh



latestnews

View Full Version