View Full Version
Ahad, 30 Nov 2014

Doa Perbaiki Urusan Agama, Dunia, dan Akhirat

Oleh: Badrul Tamam

اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ لِي دِينِي الَّذِي هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِي وَأَصْلِحْ لِي دُنْيَايَ الَّتِي فِيهَا مَعَاشِي وَأَصْلِحْ لِي آخِرَتِي الَّتِي فِيهَا مَعَادِي وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لِي فِي كُلِّ خَيْرٍ وَاجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لِي مِنْ كُلِّ شَرٍّ

“Ya Allah, perbaikilah urusan agamaku yang meurpakan penjaga keselamatan urusanku, perbiakilah untukku urusan duniaku yang di dalamnya terdapat mata pencaharianku, dan perbaikilah untukku urusan akhiratku yang akan menjadi tempat kembalilku. Jadikanlah hidup ini sebagai tambahan bagiku dalam setiap kebaikan, dan jadikanlah kematian sebagai pemutus dari setiap keburukan.”

Dasar Doa

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, berkata: Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam biasa berdoa,

اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ لِي دِينِي الَّذِي هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِي وَأَصْلِحْ لِي دُنْيَايَ الَّتِي فِيهَا مَعَاشِي وَأَصْلِحْ لِي آخِرَتِي الَّتِي فِيهَا مَعَادِي وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لِي فِي كُلِّ خَيْرٍ وَاجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لِي مِنْ كُلِّ شَرٍّ

“Ya Allah, perbaikilah urusan agamaku yang meurpakan penjaga keselamatan urusanku, perbiakilah untukku urusan duniaku yang di dalamnya terdapat mata pencaharianku, dan perbaikilah untukku urusan akhiratku yang akan menjadi tempat kembalilku. Jadikanlah hidup ini sebagai tambahan bagiku dalam setiap kebaikan, dan jadikanlah kematian sebagai pemutus dari setiap keburukan.” (HR. Muslim)

Penjelasan Isi Doa

Doa ini berisi lima permintaan hamba kepada Rabbnya, Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Pertama, meminta kepada Allah agar memperbaiki agamanya. Kedua, meminta kepada Allah agar memperbaiki urusan dunianya. Ketiga, meminta kepada Allah agar memperbaiki urusan akhiratnya. Keempat, meminta kepada Allah agar hidup di dunianya ini berkah dan diisi dengan amal shalih. Kelima, meminta kepada Allah agar kematiannya dijadikan sebagai peristirahatan dari keburukan, agar setiap yang ia peroleh adalah kebaikan.

Permintaan pertama: diperbaiki agama

Permintaan ini berada diurutan pertama karena menjadi penentu utama nasib hamba di dunia dan akhirat. Jika agama seseorang rusak, ia merugi dunia dan akhirat. Minta kepada Allah agar memperbaiki urusan agama ini berarti meminta kepada-Nya agar memberi taufik untuk berpegang kepada Al-Qur'an dan sunnah sesuai petunjuk pendahulu umat ini dari kalangan sahabat, tabi’in, dan tabi’ tbai’in dalam semua perkara.

Dien seseorang menjadi baik jika tegak di atas dua landasan pokok. Pertama, ikhlas ibadah kepada Allah semata. Kedua, mengikuti sunnah Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam dalam beragama. Apabila ini dilakukan seorang hamba terlindungi dari semua keburukan dan kesesatan.

Permintaan kedua: diperbaiki urusan dunia

Maksudnya meminta kepada Allah agar memperbaiki urusan dunia hamba di dunia yang fana lagi sebentar ini. yaitu dengan memberikan rizki yang cukup, halal dan bermanfaat. Yaitu rizki yang membantunya untuk taat dan ibadah kepada Allah. Masuk di dalamnya minta agar dijadikan baik keluarganya; istri yang shalihah, anak-anak yang shalih, tempat tinggal yang nyaman, kehidupan yang tentram dan aman. Ini sesuai dengan firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala,

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

"Barang siapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan." (QS. Al-Nahl: 97)

Hayata thayyibah, maksudnya: kehidupan yang baik di dunia dengan sifat qana’ah, rizki halal dan cukup, istri shalihah, anak-anak yang baik, ibadah yang nikmat, dan taufik untuk beramal shalih. Bahkan Ibnu Katsir menyebutkan, hayatan thayyibah mencakup semua bentuk kenikmatan dari semua sisi. Wallahu A’lam.

Permintaan ketiga: diperbaiki urusan akhirat

Yaitu meminta kepada Allah agar memberi taufik kepadanya untuk beramal shalih yang Allah ridhai dan melazimi ketaatan kepada-Nya sampai akhir hayat. Yaitu kembali kepada Allah dengan husnul khatimah.

Permintaan keempat: hidup bertambah kebaikan

Yaitu meminta kepada Allah agar menjadikan hidupnya sebagai sarana menambah kebaikan, ibadah dan ketaatan yang Allah ridhai. Ini menunjukkan, panjangnya umur muslim untuk menambah amal shalih yang akan meninggikannya di surga kelak. Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam pernah ditanya, siapa orang yang paling baik? Beliau menjawab,

مَنْ طَالَ عُمْرُهُ، وَحَسُنَ عَمَلُهُ

Siapa yang panjang umurnya dan bagus amalnya.” (HR. Ahmad, al-Tirmidiz, dan selainnya. Syaikh Al-Albani menyatakan hadits ini shahih)

Permintaan Kelima: mati istirahat dari keburukan

Yaitu kematian sebagai peristirahatan dari hiruk pikuk, kegundahan, fitnah, bencana, dan cobaan maksiat. Dapat dipahami, seorang mukmin benar-benar bristirahat saat meninggal dunia. Meraih keselamatan sempurna saat meninggalkan dunia fana.

Pernah suatu hari, Nabi SAW dilalui iring-iringan jenazah. Beliau lalu bersabda,

مُسْتَرِيحٌ، وَمُسْتَرَاحٌ مِنْهُ

"Yang istirahat dan yang diistirahatkan darinya." Para sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, apa maksud yang istirahat dan yang diistirahatkan darinya?" Beliau menjawab,

الْعَبْدُ الْمُؤْمِنُ يَسْتَرِيحُ مِنْ نَصَبِ الدُّنْيَا وَأَذَاهَا إِلَى رَحْمَةِ اللَّهِ ، وَالْعَبْدُ الْفَاجِرُ يَسْتَرِيحُ مِنْهُ الْعِبَادُ وَالْبِلاَدُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَابُّ

"Seorang hamba yang mukmin beristirahat dari keletihan dunia dan kesusahannya, kembali kepada rahmat Allah. Sedangkan hamba yang jahat, para hamba, negeri, pohon dan binatang beristirahat (merasa aman dan tenang) darinya." (HR. Bukhari dan Muslim)

Kesimpulan

Ini adalah salah satu warisan Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam untuk umatnya. Agar mereka menghaturkan hajat dan menggantungkan harapannya kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Meminta tolong kepada-Nya untuk meraih keridhoan-Nya. Meminta Allah memperbaiki kondisi agama, dunia, dan akhiratnya. Lalu dilanjutkan dengan menyampaikan keinginan agar hidup yang ada diberi taufik untuk menghasilkan kebaikan-kebaikan yang Allah ridhai. Sedangkan kematiannya sebagai peristrahatan dari kepenatan dan hiruk pikuk kehidupan dunia. Wallahu A’lam. [PurWD/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version