View Full Version
Kamis, 09 Feb 2023

Mendo’akan Korban Gempa Bumi di Turki dan Suriah

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Di antara sebab sempurnanya iman seorang musim adalah kepeduliannya kepada suadara seiman. Berusaha memberikan kebaikan untuk saudaranya, menahan diri dari menyakitinya, dan menghindarkan keburukan darinya.

Kepedulian ini mendorong seorang muslim untuk menyukai kebaikan bagi saudara seimannya dan benar-benar berusaha merealisasikannya. Semakna dengan ini, membenci keburukan menimpa saudaranya sebagaimana ia tidak suka tertimpa keburukan tersebut. Sikap ini merupakan bagian dari adab dan akhlak Islami yang dianjurkan Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam.

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu 'Anhu, dari Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

لَا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لِأَخِيهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ

"Tidak sempurna keimanan seseorang dari kalian, sebelum ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Di antara bentuk memberikan kebaikan kepada saudara seiman adalah mendoakan kebaikan untuk saudaranya tanpa kehadirannya dan tanpa sepengetahuannya. Doa yang semacam ini akan jauh lebih ikhlas. Karenanya, lebih dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Dari Shafwan bin Abdillah bin Shafwan Radhiyallahu 'Anhu berkata, “Saat Aku datang ke Syam, aku mendatangi Abu Darda’ di rumahnya. Namun aku tidak bertemu dengannya. Aku bertemu dengan Ummu Darda’. Ia bertanya (kepadaku), ‘Apakah kamu mau haji?’ Aku menjawab, ‘Ya.’ Ia berkata kepadamu, ‘doakan untuk kami kebaikan, karena Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ كُلَّمَا دَعَا لِأَخِيهِ بِخَيْرٍ قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ آمِينَ وَلَكَ بِمِثْلٍ

Doa seorang muslim untuk saudaranya (muslim lainnya) yang tidak berada di hadapannya akan dikabulkan oleh Allah. Di atas kepala orang muslim yang berdoa tersebut terdapat seorang malaikat yang ditugasi menjaganya. Setiap kali orang muslim itu mendoakan kebaikan bagi saudaranya, niscaya malaikat yang menjaganya berkata, “Amin (semoga Allah mengabulkan) dan bagimu hal yang serupa.” (HR. Muslim)

Dalam redaksi lain,

مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يَدْعُو لأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ إِلاَّ قَالَ الْمَلَكُ وَلَكَ بِمِثْلٍ

Tidak ada seorang hamba pun yang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata kepadanya, "Dan bagimu seperti apa yang kamu pinta." (HR. Muslim)

Tercatat dalam redaksi lainnya di Shahih Muslim, masih dari Abu Darda’ Radhiyallahu 'Anhu –marfu’ kepada Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam-,

مَنْ دَعَا لأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ، قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ: آمِينَ، وَلَكَ بِمِثْلٍ

“Siapa mendoakan saudaranya tanpa kehadirannya, maka Malaikat yang ditugaskan mengawalnya berkata: Amiin (semoga Allah kabulkan) dan bagimu seperti apa yang kamu doakan.”

Sebagaiman ramai diberitakan, terjadi gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,8 di Turki Turki tengah dan barat laut Suriah pada Senin (6/2/23)  pukul 04:17 pagi waktu setempat. Lebih dari 11 ribu jiwa meninggal dunia. Ribuan bangunan-bangunan bertingkat dan tempat tinggal warga roboh dan rata dengan tanah. Puluhan ribu warga mengungsi di tengah musim dingin. Ancaman kelaparan dan kedinginan benar-benar di hadapan mata.

**Pekerjaan pencarian dan penyelamatan berlanjut setelah gempa berkekuatan 7,4 melanda provinsi selatan Turkiye, di Malatya, Turkiye pada 6 Februari 2023. (Anadolu Agency via Getty Images/Anadolu Agency)**

Wujud persaudaraan seiman, mari tunjukkan kepeduliaan kita kepada korban gempa dengan mengirimkan bantuan atau donasi semampunya. Jangan lupa untuk mendoakan para korban meninggal dunia, “semoga Allah ampuni dosa mereka dan mencatat untuk mereka kesyahidan sehingga berhak masuk surga”.

Doa-doa kita menjadi bukti  nyata kepedulian kita untuk saudara seiman yang sedang menderita. Kita bersedih dengan musibah yang menimpa mereka. Berharap kepada Allah segera melepaskan mereka dari kesulitan dan penderitaan. Mendatangkan pertolongan dari sisi Nya dan malalui wasilah hamba-hamba-Nya. Amiin. [PurWD/voa-islam.com]    


latestnews

View Full Version