View Full Version
Senin, 15 May 2023

Ragam Bacaan "Hamdalah" Saat Bersin

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Dalam laman Halodoc disebutkan sebab terjadinya bersin, umumnya, disebabkan karena masuknya debu dan kotoran ke dlam hidung. Namun, masih ada beberapa hal lain yang menyebabkan kamu bersin, seperti: infeksi, alergi, sensitif, terhadap sinar matahari.

Prosesnya, saat beraktivitas di luar ruangan, udara yang bercampur dengan debu dan kotoran akan terhirup oleh hidung. Saat menyentuh bulu hidung, otak menerima sinyal dari sel saraf dan dengan segera memproduksi histamin yang membuat hidung terasa gatal.

Bersamaan dengan itu, otak akan mengirimkan sinyal ke otot tenggorokan dan paru-paru untuk mengeluarkan udara kotor tersebut melalui tenggorokan. Hal ini yang disebut proses terjadinya bersin.

Terkadang ingus atau lendir lunak yang berada dalam rongga hidung akan turut keluar jika tekanan bersin terlalu kuat. Ingus ini membawa serta partikel kotoran yang terdapat pada hidung.

Dari sini, nampak jelas kan bahwa bersin sangat bermanfaat bagi badan. Karenanya, Islam menganjurkan agar membaca “hamdalah” saat bersin.

Hal ini ditunjukkan oleh keumuman hadits Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

إذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلْ الْحَمْدُ لِلَّهِ

"Apabila salah seorang kamu bersin, hendaknya ia mengucapkan: Al-Hamdulillah." (HR. al-Bukhari)

Terdapat beberapa bentuk bacaan hamdalah saat bersin, di antaranya:

Pertama, Al-Hamdulillah.

Kedua, Al-Hamdulillahi Rabbil ‘Alamin.

Ketiga, Al-Hamdulillah ‘Alaa Kulli Haal.

Keempat, Al-Hamdulillahi Hamdan Katsiran Thayyiban Mubaarakan Fiih Kamaa Yuhibbu Rabbuna Wayardha.

Karenanya, bagi siapa yang mendengar saudara bersin dan mengucap hamdalah agar tidak buru-buru bertasymit atasnya. Bisa jadi, ia memilih bacaan tahmid yang lebih panjang. wallahu a’lam. [PurWD/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version