View Full Version
Rabu, 30 Mar 2011

Tim Pengacara Muslim Siap Dampingi Umar Patek

JAKARTA (voa-islam.com) – Merespon kabar penangkapan Umar Patek di Pakistan, Tim Pengacara Muslim (TPM) menyatakan siap mendampingi buron Amerika nomor satu ini bila diperlukan.

 Tim Pengacara Muslim (TPM) mengaku sudah mendengar penangkapan Umar Patek di Pakistan. Umar Patek merupakan orang paling dicari Indonesia yang tahun 2002 terkait kasus bom Bali yang menewaskan 202 orang, termasuk 7 warga Amerika Serikat.

Pengacara TPM, Mahendradatta mengatakan pihaknya siap mendampingi Umar Patek bila ia itu dibawa ke Indonesia. "Kalau diminta, kita siap mendampingi," kata Mahendradatta, Rabu (30/3/2011).

Menurut Mahendradatta, sebagai orang yang berprofesi advokat maka siapa saja orang yang meminta bantuan hukum akan diterima. Namun dirinya tidak yakin Umar Patek akan dibawa Indonesia karena diduga yang melakukan penangkapan adalah pihak Amerika Serikat.

"Ya ini seperti penangkapan Hambali," ujarnya.

Associated Press melansir terororis asal Indonesia yang menjadi "tersangka" bom bunuh diri tahun 2002 di Bali telah ditangkap di Pakistan. Demikian sumber-sumber intelijen mengatakan Selasa (29/3/2011).

Umar Patek, diduga sebagai anggota kelompok militan Jamaah Islamiyah yang terkait dengan Al-Qaida. Pria yang punya nama alias Abdul Ghoni, Abu Syeikh dan Umar Arab ini diyakini telah menjabat sebagai wakil komandan lapangan dalam pemboman klub malam yang menewaskan 202 orang. Banyak dari korban warga negara asing.

WN AS saat itu tercatat tujuh warganya tewas dalam serangan tersebut. Atas kejadian itu pemerintah AS, menawarkan hadiah 1 juta dolar Amerika untuk pejabat yang berhasil menangkap musuh AS nomor wahid ini.

AP melaporkan kabar tentang penangkapan Patek berasal dari dua pejabat intelijen - satu di Indonesia dan yang lainnya di Filipina - yang mengatakan hari Selasa (29/3/2011).

Disebutkan bahwa Umar Patek ditahan di Pakistan awal tahun ini setelah ditangkap hasil kerjasama lintas-perbatasan. [silum/trb]


latestnews

View Full Version