View Full Version
Kamis, 11 Oct 2012

Mengapa Ketua Umum LDII Mendampingi Amirul Haj?

Berita Haji (VoA-Islam) – Dari beberapa tokoh yang akan mendampingi Amirul Haj, Suryadarma Ali ke Tanah Suci pada 17 Oktober nanti, diantaranya adalah Ketua Umum LDII Abdullah Syam. Atas ditunjuknya Ketua Umum LDII tersebut, sejumlah kalangan meminta agar Kemenag RI meninjau kembali. Mengingat paradigma baru LDII dinilai belum jelas. Penunjukkan itu dinilai kontroversial.

“Kemenag hendaknya meninjau kembali dengan ditunjuknya Ketua Umum LDII mendampingi amirul haj. Mengingat MUI Pusat juga belum menjelaskan apakah LDII sudah betul-betul menjalankan paradigma barunya atau belum,” kata KH. Cholil Ridwan kepada Voa-Islam.

Seperti diberitakan Media Informasi Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, delegasi haji Indonesia 2012 yang dipimpin Amirul Haj, Suryadharma Ali, akan tiba di Arab Saudi pada 17 Oktober depan.

Kedatangan Suryadharma akan didampingi 11 tokoh Islam. Mereka yakni KH Hasyim Muzadi (mantan Ketua Umum PBNU) dan Ahmad Dahlan Rais (Ketua PP Muhammadiyah), keduanya menjabat sebagai Naib atau wakil Amirul Haj.

Kemudian M Saeroji (Sekretaris/Kakanwil Kemenag Jawa Barat), serta delapan anggota yaitu Habib Luthfie (Pekalongan), Prof Dr Abdullah Syam (Ketua Umum LDII), Slamet Effendi Yusuf (MUI), Prof Dr Maman Abdurrahman (Ketua Umum Persis), Haji Raharja Sasradiningrat (Ketua Umum Syarikat Islam), Agus Sartono (Kemenko Kesra), Kiai Mas Subadar (Pasuruan), dan KH Arwni Faisoli (NU).

Sekjen Kementerian Agama, Bahrul Hayat mengatakan, Amirul Haj adalah delegasi resmi penyambung antara jamaah haji dari Indonesia dengan pemerintah Arab Saudi. Rombongan Amirul Haj akan mewakili jamaah dalam pertemuan-pertemuan dan undangan dari Raja Arab Saudi. Selain itu, Amirul Haj mewakili jamaah dalam pertemuan antar-Amirul Haj seluruh dunia.

Adapun tugas internal Amirul Haj adalah mengawasi pelaksanaan dan pelayanan ibadah haji di Arab Saudi. Mereka akan memonitor setiap layanan yang diberikan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di Tanah Suci.

Selain rombongan Amirul Haj, tim I Komisi VIII DPR RI direncanakan akan mendarat di Bandara King Abdul Aziz Jedah, Kamis (11/10) pukul 22.30 waktu Saudi. Para wakil rakyat itu akan melihat langsung pelayanan haji di Madinah, Makah, dan Jedah. (/MCH)

 


latestnews

View Full Version