View Full Version
Rabu, 21 Nov 2012

Carrefour Ganti Nama, Diambil Alih "Si Anak Singkong" Chairul Tanjung

JAKARTA (VoA-Islam) -  PT Carrefour Indonesia bangkrut?  Si Anak Singkong, Chairul Tanjung, pemilik CT Corp, resmi mengakuisisi 100 persen saham PT Carrefour Indonesia. Sebelumnya, CT Corp hanya mempunyai saham di PT Carrefour Indonesia sebesar 40 persen. CT Corp secara perlahan akan mengubah nama Carrefour di Indonesia setelah berhasil menguasai saham perusahaan yang berinduk di Perancis ini.

Dengan dimilikinya 60 persen saham sisanya oleh Trans Retail, maka nama PT Carefour Indonesia akan berubah. "Diganti menjadi PT Trans Retail Indonesia," kata Chairul Tanjung, di kantornya, Jakarta, Selasa (20/11/2012).

CT Corp melalui anak usahanya, PT Trans Retail, masih mempunyai hak pakai merk Carrefour selama lima tahun. Adapun kesepakatan penjualan 60 persen saham Carrefour Indonesia dicapai Senin (19/11) lalu melalui perjanjian sells and uprising. Chairul Tanjung mengatakan, dana senilai Rp 7,22 triliun untuk mengakuisisi 60 persen saham Carrefour Indonesia diperoleh dari pinjaman 10 bank asing.  

Bank-bank itu adalah Credit Suisse, BNP Paribas, JP Morgan Securities, ING Bank, ANZ, Goldman Sachs, Deutche Bank, Royal Bank of Scotland, Standard Chartered, dan Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ. Dengan pinjaman ini, Trans Retail harus membayar bunga sebesar lima persen dengan jangka tiga tahun.

Yang pasti, sebelum Indonesia, peritel raksasa kelas dunia asal Prancis Carrefour ini telah hengkang dari Kolombia, Singapura dan Yunani. Desastian/dbs



latestnews

View Full Version