View Full Version
Jum'at, 08 Feb 2013

Masjid di Jakarta Bakal Dapat Sumbangan Rp.100 Juta dari BUMN

JAKARTA (voa-islam.com) – Ketua Umum PP Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla menuturkan, saat ini telah tercatat 36 masjid yang tersebar di Jakarta akan menerima bantuan dari BUMN. Diperkirakan setiap masjid akan menerima dana ratusan juta rupiah.

"36 masjid yang terbesar di Jakarta sudah tercatat akan menerima dana tersebut, diperkirakan satu masjid akan menerima Rp100 juta," ujar mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla saat menandatangani Memorandum of Understanding dengan Menteri BUMN Dahlan Iskan di sekretariat DMI Pusat, Jakarta, (7/2).

Penandatanganan MoU ini dalam rangka rencana pengembangan ekonomi umat berbasis masjid, yang akan difasilitasi dari dana Bina Lingkungan BUMN.  PT Perusahaan Gas Negara dan PT Perkebunan Nusantara VI berencana memberikan bantuan kepada sejumlah masjid di Jakarta berupa sumbangan dana untuk jamaah masjid yang berkekurangan hidupnya.

Dana tersebut juga akan terus bertambah, pasalnya saat ini baru PGN dan PTPN VI yang baru menandatangani MoU tersebut. "PGN dan PTPN VI baru menandatangani perjanjian, yang dibutuhkan banyak hitungannya bisa miliaran rupiah," kata JK.

Dikatakan JK, masjid adalah tempat untuk habluminallah dan juga habluminanas, sehingga tepat jika masjid menjadi bagian dari upaya untuk meningkatkan ekonomi umat.

JK menilai bahwa kemakmuran umat Islam semakin hari semakin baik. Jika saja ada 10% orang terkaya Indonesia, JK percaya 70% darinya adalah umat Islam.

Sementara itu, Menteri BUMN Dahlan Iskan mengajak BUMN untuk memperkuat ekonomi umat Islam berbasis masjid. Salah satunya dengan meminjamkan umat modal usaha melalui masjid yang berasal dari dana Bina Lingkungan BUMN.

"Yang penting penyalurannya harus ke umat yang terdaftar dimasjid tersebut dan aktif, jadi enggak mungkin program ini dikembangkan pada masjid-masjid di jalan tol" ujar Dahlan.

Dikatakan Dahlan, penguatan ekonomi umat yang telah dirintis oleh PTPN VI patut dikembangkan secara luas di seluruh Indonesia. Penyaluran modal usaha melalui masjid dan ke depan juga tempat ibadah lainnya merupakan salah satu alternatif penyaluran dana di luar lembaga perbankan.

Untuk pelaksanaan program penguatan ekonomi umat, Dahlan menunjuk, Iskandar, Dirut PTPN IX sebagai ketua program "Untuk tahap pertama. BUMN, akan bekerja sama dengan DMI untuk memilih beberapa masjid di Indonesia sebagai pilot project" tegas Iskandar. [desastian]


latestnews

View Full Version