View Full Version
Sabtu, 22 Jun 2013

Umrah & Berhenti Merokok, Keinginan Mualaf Ully Artha Sebelum Wafat

JAKARTA (voa-islam.com) – Sudah hampir sepekan Ully Artha Meninggal Dunia. Aktris kawakan yang cukup sukses membintangi sinetron “Buku Harian” bersama Elma Theana, Desy Ratnasari dan Didi Petet ini meninggal dunia hari Minggu, (16/6/2013) pukul 17.00 WIB.

Sebelum meninggal di RSPAD Gatot Soebroto pada Jum’at (14/6/2013) setelah mengidap penyakit komplikasi jantung, paru-paru dan liver yang sudah lama dideritanya, aktris yang punya nama lengkap Taruli Artha Sortiana Pangaribuan ini mempunyai beberapa keinginan dan cita-cita.

Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Gatot Kimulyantoro, suami yang setia menemani Ully Artha selama setahun lebih sebelum meninggal dunia. Menurut Gatot, cita-cita yang dimiliki oleh aktris kelahiran 17 Oktober 1953 silam ini muncul sebelum dan setelah istrinya memeluk Islam pada bulan September 2011.

...Sadar dengan penyakit yang dideritanya; jantung, liver, dan paru-paru, dia (Ully Artha –red) berniat berhenti merokok. Dia bilang ‘iya saya berhenti' (merokok -red)...

Sebelum memeluk Islam, wanita yang relatif tertutup tentang kehidupan pribadinya itu, baik kepada keluarga maupun teman-temannya, kata Gatot ingin mencari kehidupan yang bisa membuatnya tenang dan nyaman. Setelah pencarian yang cukup lama, akhirnya Ully Artha memilih masuk Islam dan meninggalkan agama Kristen.

Pernyataan Gatot ini juga di benarkan oleh Tigor Pangaribuan, salah satu adik Ully saat berada di rumah duka di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Minggu (16/6/2013). Tigor mengatakan jika kakaknya telah menikah pada tahun 2012. Namun, ia tak tahu persis mengenai hal tersebut.

“Tahun kemarin menikahnya, keluarga enggak tahu. Terakhir kumpul keluarga enggak tahu. Saya enggak terkejut (Ully berpindah agama -red), karena itu pilihan. Dia enggak pernah cerita, saya juga baru tahu ini,” kata Tigor kepada para wartawan.

...Ada satu hal yang belum sempat diwujudkannya sejak dirinya menjadi mualaf hingga mengembuskan napas terakhirnya. Dia (Ully Artha -red) pengin potong kambing sama umrah...

Setelah masuk Islam, lanjut Tigor, wanita yang mempunyai nama panggilan tenar “Mami Ully” ini juga bercita-cita untuk berhenti dari kebiasaan buruknya dalam menghisap rokok.

“Sadar dengan penyakit yang dideritanya; jantung, liver, dan paru-paru, dia (Ully Artha –red) berniat berhenti merokok. Dia bilang ‘iya saya berhenti' (merokok -red). Tapi tetap saja merokok lagi,” imbuhnya.

Selain itu, kata Gatot, ada satu hal yang belum sempat diwujudkan istrinya sejak dirinya menjadi mualaf hingga mengembuskan napas terakhirnya. Wanita yang meninggal di usia 59 tahun itu juga bercita-cita untuk melaksanakan ibadah umrah. Dan hal ini, diyakini Gatot sebagai tanda khusnul khatimah dari kematian istrinya.

“Ada satu hal yang belum sempat diwujudkannya sejak dirinya menjadi mualaf hingga mengembuskan napas terakhirnya. Dia (Ully Artha -red) pengin potong kambing sama umrah,” ujarnya. [Khal-fah/dbs]


latestnews

View Full Version