View Full Version
Sabtu, 29 Jun 2013

Perdana; Umroh Plus ke Gaza - Palestina 2013 Jama'ah Indonesia

GAZA, PALESTINA (voa-islam.com) - Sudah tidak asing lagi jika kita mendengar tentang perjalanan religi umroh plus ke Turkey, umroh plus Al Aqsa atau umroh plus Jordan. Hari ini, dan pertama kali atau perdana, umroh plus ke Gaza Palestina yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan travel dari Indonesia yaitu Zulfarah Safarindo Travel.

Rombongan umroh plus Gaza berhasil masuk ke Gaza tanggal 26 Juni 2013 lewat jalur resmi pintu perbatasan Ragah. Kedatangan mereka ke Gaza adalah perjalanan religi dan selama berada di Jalur Gaza, rombongan ini akan mengunjungi rumah anak yatim fakir miskin dan janda serta menyalurkan bantuan cash senilai lebih 17.000 USD.

Selain uang cash, rombongan umroh plus Gaza pun membawa 15 galon air zam-zam yang akan langsung diberikan kepada keluarga fakir dan anak yatim, khususnya di Jalur Gaza. Jadwal kunjungan rombongan selama tiga hari berada di Jalur Gaza yaitu ; bersilaturahim dengan PM Palestina Ismail Haniya dan bersilaturahim dengan relawan yang membangun rumah sakit Indonesia di Gaza.

Selain itu, rombongan juga akan mengunjungi dan menyerahkan bantuan langsung kepada anak yatim keluarga fakir dan janda syuhada, berziarah ke makam para syuhada termasuk makam asy-syahid Ahmad Yassin, asy-syahid Abdul Azis Rantisi, bertamu kerumah asy-syahid Ahmad Yassin dan berkunjung ke markaz Tahfidz Qur'an Daarul Qur'an wa Sunnah.

...Tujuan umroh plus Gaza ini agar umat Islam di Indonesia tidak hanya mengetahui kabar yang ada di Gaza Palestina hanya lewat berita yang kadang tidak valid, akan tetapi jika melihat langsung maka akan lebih puas dan lebih percaya dengan kondisi yang sebenarnya...

Para rombongan jama’ah Indonesia tersebut berasal dari wilayah yang berbeda-beda seperti dari Lampung, Bogor, Jakarta, Solo, dan bahkan ada yang dari keturunan India serta dari negeri Yaman. Mereka pun mengajak anak dan istri mereka.

Selama rombongan berada di jalur Gaza, 1 rombongan yang berjumlah 22 orang tidak tinggal di hotel mewah atau di apartemen yang berkasur empuk dengan harga yang lumayan mahal. Akan tetapi rombongan ini lebih memilih ingin berbaur dengan warga Gaza.

Mereka ingin merasakan bagaimana kehidupan warga Gaza yang hingga saat ini masih di blokade oleh Zionis Israel. Tempat tidur para rombongan adalah kasur busa serta warga Gaza menyiapkan tempat tinggal 1 unit rumah untuk rombongan selama berada di jalur Gaza.

Dari hasil wawancara yang disampaikan oleh amir atau ketua rombongan Muhammad Syafei kepada relawan Indonesia untuk Palestina yang menetap di Jalur Gaza, Abdillah Onim, diketahui bahwa umroh plus Gaza pun bisa dilakukan ke Gaza Palestina.

...Umroh plus Gaza ini akan rutin di lakukan di setiap tahun dan umroh plus Gaza tentunya harus tetap berkoordinasi dengan pemerintah setempat atau atas undangan resmi dari LSM lokal yang ada di Gaza...

“Tujuan umroh plus Gaza ini agar umat Islam di Indonesia tidak hanya mengetahui kabar yang ada di Gaza Palestina hanya lewat berita yang kadang tidak valid, akan tetapi jika melihat langsung maka akan lebih puas dan lebih percaya dengan kondisi yang sebenarnya,” tuturnya.

“Umroh plus Gaza ini akan rutin di lakukan di setiap tahun dan umroh plus Gaza tentunya harus tetap berkoordinasi dengan pemerintah setempat atau atas undangan resmi dari LSM lokal yang ada di Gaza,” tegas Muhammad Syafei.

Hari pertama rombongan berada di jalur Gaza langsung disambut dengan suka cita oleh warga di jalur Gaza. Selain itu, rombongan juga diundang makan makan bersama warga Gaza dengan makanan khas Gaza. Selanjutnya, rombongan diundang resmi oleh salah satu universitas terbesar di Gaza Palestina yaitu Universitas Islam Gaza (UIG).

Undangan yang ditujukan secara resmi ini untuk menghadiri wisuda atau kelulusan dari ribuan mahasiswa dan mahasiswi untuk angkatan ke 30. Kedepan, kami  masih akan tetap mengabarkan aktivitas rombongan setiap harinya ketika berada di jalur Gaza Palestina. [Khal-fah/Onim]

Abdillah Onim
Relawan Indonesia untuk Palestina yang menetap di Jalur Gaza
info, BB; 25C63245.
Email; [email protected] / [email protected]

Hp Gaza : +972 59 8058513/+972 59 8058515
Layanan skype : tvone_gaza (layanan skype untuk tabligh akbar, presentasi, pengajian majlis ta'lim untuk update info live dari Jalur Gaza-Palestina)


latestnews

View Full Version