View Full Version
Ahad, 25 Aug 2013

Jadi Imam Besar, FPI Segera Pilih Ketum Baru Pengganti Habib Rizieq

JAKARTA (voa-islam.com) – Sejak Habib Rizieq Syihab didaulat jadi Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) dalam Munas III FPI di Wisma Haji Kota Bekasi pada 22-24 Agustus 2013, praktis posisi Ketum FPI yang sebelumnya dia isi menjadi kosong.

Saat Munas ke III tersebut berlangsung maupun setelahnya, bahkan hingga hari Minggu ini, FPI belum menemukan sosok yang pas dan sesuai untuk mengisi kekosongan Ketum (Ketua Umum) tersebut.

Namun, Wakil Sekjen FPI KH Abdul Fatah menjelaskan, dengan adanya kekosongan tersebut, Habib Rizieq akan segera mencari, memilih dan memutuskan siapa yang akan menjadi Ketum baru FPI nantinya.

“Belum (pengisi posisi Ketum FPI -red). Kita ada waktu jeda tiga bulan. Termasuk untuk penyusunan kepengurusan periode 2013- 2020 untuk DPP FPI,” katanya di Markas Besar FPI, Jl Petamburan, Jakarta, Minggu (25/8/2013).

...Belum (pengisi posisi Ketum FPI -red). Kita ada waktu jeda tiga bulan. Termasuk untuk penyusunan kepengurusan periode 2013- 2020 untuk DPP FPI...

KH Abdul Fatah menambahkan, Habib Rizieq memiliki wewenang penuh untuk memilih Ketum baru. Selain itu, Habib Rizieq juga berwenang memilih Dewan Syura sebagai pengurus operasional dan Dewan Tanfidzi.

Lalu siapa kandidat Ketum baru itu? “Yang dibawah Habib Rizieq, ada ustadz Munarman, Habib Husein, Habib Abdurahman Barega di Jatim, Kyai Zaini dari Bogor. Kemudian Sekjen Sobri Lubis, kemudian ada saya, kemudian Kyai Awid Masykuri,” paparnya.

Meski begitu, kewenangan penuh yang dimiliki Imam Besar tidak mutlak. Dalam kesempatan tersebut, ia juga menolak jika dikatakan pemilihan Ketum FPI mengikuti gaya demokrasi, meski dilakukan dengan cara musyawarah.

“Tapi Imam Besar juga meminta pertimbangan. Tapi ini musyawarah, bukan demokrasi. Kalau demokrasi kan suara seseorang (baik pelaku maksiat atau penjahat -red) sama Kyai kan jadi sama,” pungkasnya. [Khal-fah/dbs]

BERITA TERKAIT :

  1. Habib Rizieq : FPI Bukan Musuh Negara, Bangsa, Tentara dan Polisi
  2. Munas III FPI di Wisma Haji Bekasi Dibuka Menteri Agama Suryadarma Ali
  3. Habib Rizieq Syihab Didaulat Jadi Imam Besar FPI Seumur Hidup

latestnews

View Full Version