View Full Version
Senin, 23 Sep 2013

Film 99 Cahaya di Langit Eropa: Jejak Islam di Eropa Segera Tayang

JAKARTA (voa-islam.com) – Ingin tahu peradaban Islam di Eropa? Buku Novel  “99 Cahaya di Langit Eropa” karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra diangkat ke layar lebar, rencananya, sekitar Maret 2014 mendatang, filmnya akan segera tayang. Buku tersebut adalah novel true story best seller yang mengangkat wajah Islam modern.

Film yang diproduksi Maxima Pictures ini banyak bercerita tentang perjuangan para pelajar di negeri orang dalam mempertahankan keyakinan, cinta, dan prinsip di tengah sekulerisme Eropa, yang dibalut dengan persahabatan, konflik, dan pengungkapan misteri peradaban Islam. Film ini juga mengisahkan perjalanan dua pasangan suami istri ini selama 3 tahun tinggal di Eropa. Termasuk kisah pencarian jejak sejarah Islam di Eropa.

Film yang disutradarai oleh Guntur Soeharjanto ini mengambil lokasi shooting film, hampir 100 persen dilakukan di Eropa, Vienna, Paris, Cordoba dan Istanbul. Film ini akan dibintangi oleh Acha Septriasa, Abimana Aryasatya, Raline Shah, Dewi Sandra dan penyanyi fenomenal Fatin Sidqia Lubis atau lebih dikenal sebagai Fatin.

Kehadiran Fatin di film ini sebagai ikon anak muda muslim yang tetap istiqomah dengan hijabnya meski telah menjadi artis terkenal. Hal ini sesuai dengan latar film yang mengangkat kisah sejarah kejayaan Islam di benua biru Eropa di masa silam.

Kini Film '99 Cahaya di Langit Eropa' telah memasuki hari syuting ke-11 di Wina, Austria sejak pertama kali melakukan pengambilan gambar, 9 September lalu. Film arahan sutradara Guntur Soeharjanto itu rencananya akan dibuat dua bagian. "Jadi total durasi dua film tiga sampai empat jam," ucap salah satu penulis buku '99 Cahaya di Langit Eropa' Rangga Almahendra.

Tak hanya aktor yang sering tampil di layar lebar, beberapa desainer Indonesia juga akan unjuk gigi di film tersebut, baik menampilkan karyanya maupun ikut berakting.  Sebagai film yang mengangkat tentang Islam modern, sutradara akan mengajak banyak desainer muda berbakat untuk unjuk gigi dalam menampilkan karya busana muslimnya. Mereka antara lain: Dian Pelangi, Ria Miranda, Jenna Hara, Alfita Ratna, Rani Hatta, dan masih banyak lagi.

Rangga pun mengaku sempat pontang-panting mengurus perizinan bersama istrinya, Hanum Rais. Tetapi ia juga bersyukur mendapat bantuan dari Kedutaan Austria dan Kedutaan Turki.

Sepertinya film ini akan ditunggu-tunggu penonton yang sebagian besar umat Islam. Semua kebesaran dan jejak peradaban Islam di Eropa akan dikupas habis di film ini, termasuk hal-hal yang selama ini tidak pernah kita tahu bahwa Islam pernah menguasai Eropa. [desastian]

Share this post..

latestnews

View Full Version