View Full Version
Rabu, 20 Aug 2014

Tapak Suci Gelar Kejurnas ke-16 di Solo pada 21-24 Agustus 2014 Besok

SOLO (Voa Islam) – Seperti yang diberitakan surakarta.go.id, Solo telah ditunjuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pencak Silat Tapak Suci ke-16 pada 21-24 Agustus besok. Ratusan atlet dari berbagai kontingen yang mewakili tiap-tiap provinsi akan bersaing ketat memperebutkan medali.

Dalam kejuaraan bertaraf nasional ini hanya akan mempertandingkan khusus usia dewasa. Adapun nomor yang dipertandingkan sebanyak total 28 nomor. Sebanyak 22 provinsi dipastikan ikut ambil bagian dan mengirimkan para atletnya.

Ketua Panitia Pelaksana Kejurnas Tapak Suci 2014, Ronny Syaifullah, mengatakan sejumlah kontingen mulai berdatangan untuk melakukan registrasi pada Rabu (20/8). Upacara pembukaan akan dilaksanakan Kamis (21/8) yang rencananya akan dibuka Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof.DR. Din Syamsudin.

“Sebenarnya ini adalah meneruskan kejuaraan yang ke 15 tahun 2008 di Jakarta silam yang batal digelar karena masalah kepengurusan. Konfirmasi terakhir peserta sudah ada 22 kontingen (Provinsi) ada juga dari Singapura. Mesir akan ikut namun hanya jadi peninjau,” ungkapnya.

“Dipilihnya Kota Solo karena kota bersejarah, Haornas juga akan digelar di sini. Kami juga mendapat dukungan dari Kemenpora,”imbuhnya.

Sekelumit Sejarah Tapak Suci (id.wikipedia.org)

Perguruan Seni Beladiri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah atau disingkat Tapak Suci, adalah sebuah aliran, perguruan, dan organisasi pencak silat yang merupakan anggota IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). Tapak Suci termasuk dalam 10 Perguruan Historis IPSI, yaitu perguruan yang menunjang tumbuh dan berkembangnya IPSI sebagai organisasi.

Tapak Suci berasas Islam, bersumber pada Al Qur'an dan As-Sunnah, berjiwa persaudaraan, berada di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah sebagai organisasi otonom yang ke-11.

Tapak Suci berdiri pada tanggal 10 Rabiul Awal 1383 H, atau bertepatan dengan tanggal 31 Juli 1963 di Kauman, Yogyakarta. Motto dari Tapak Suci adalah "Dengan Iman dan Akhlak saya menjadi kuat, tanpa Iman dan Akhlak saya menjadi lemah". (AF/dbs/Voa Islam.com) 


latestnews

View Full Version