View Full Version
Sabtu, 29 Nov 2014

GKI Mojosongo Resahkan Warga, Umat Islam Solo Tuntut Walikota Menutupnya

SOLO (voa-islam.com) - Umat Islam Mojosongo merasa terusik dan tidak nyaman ketika pembangunan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Cabang Busukan, Solo, terus berlangsung hingga sudah mencapai 80 persen. Surat penolakan dari aspirasi umat Islam kelurahan Mojosongo terhadap pendirian gereja juga telah dilayangkan ke Walikota FX Rudiyatmo, bahkan sudah Walikota yang menerima langsung.

Menurut Parno selaku tokoh umat Islam Mojosongo ada beberapa alasan menolak GKI Busukan Mojosongo, yang pertama di sekitar GKI sudah ada 2 gereja yang hanya berjarak sekitar 300 meter, kedua tidak ada warga Busukan yang menjadi Jemaat GKI. Moyoritas warga Busukan adalan Muslim dan itupun hanya memiliki 1 masjid saja.

Akhirnya, umat Islam Solo ikut berpartisipasi menyampaikan aspirasi ini kepada Pemerintah Kota Solo. Jumat, 28 November 2014 sekitar pukul 13.30 bertempat di kantor kelurahan Mojosongo diadakan dialog antara Parno, perwakilan Umat Islam Mojosongo, Edi Lukito dari LUIS, Agus Junaidi dari Laskar Solo Timur, Helmy Sakdilah dari NU, Suharni perwakilan GKI, Kombes Iriansyah Kapolres Solo, Purnomo Wakil Walikota Solo dan hadir pula jajaran TNI, Lurah, Kesbangpol, Satpol PP dan wartawan.

Purnomo selaku wakil walikota meminta waktu satu bulan untuk memverifikasi data yang diduga tidak wajar. Dalam waktu satu bulan ini GKI diminta untuk tidak melakukan kegiatan apapun. Keputusan ini diamini oleh polisi dan Helmy dari NU dan meminta Harso dari Kesbangpol untuk menjadi Ketua Tim dengan beranggotakan perwakilan Kelurahan, Camat, warga dan ormas Islam.

Namun umat Islam Mojosongo tetap dalam pendirianya, yaitu meminta GKI ditutup secara permanen. Di tengah dialog, datang ratusan umat Islam yang memberi support kepada perwakilannya. Sambil meneriakan takbir, umat Islam meminta Walikota menutup GKI. Setelah selesai dialog, ratusan umat Islam Mojosongo mendatangi GKI Busukan untuk memasang poster dan spanduk penolakan. Aksi berjalan tertib dan lancer di tengah hujan yang gerimis. (AF/Endro/may/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version