View Full Version
Kamis, 25 Dec 2014

Wah, Pentas Hiburan dalam Edaran Disdikpora Boyolali bagi Siswa/i SMA-SMK

BOYOLALI (Voa Islam) – Beredar di media sosial foto lembaran Surat Edaran Disdikpora Kabupaten Boyolali yang ditandatangani Suyanta, SPd, MPd selaku Kabid SMA-SMK atas nama Kepala Dinas Dikpora. Isi edaran itu berisi agar setiap Kepala Sekolah SMA/SMK Negri dan Swasta berpartisipasi dengan mengerahkan siswanya secara bebas dan tertib ke lokasi dimana kegiatan Inbox Live yang diadakan oleh SCTV di Alun-alun Kabupaten Boyolali mulai dari tanggal 22 sampai dengan 24 Desember 2014.

Edaran beromor : 421.314539/14/2014 (beberapa angka ditulis tangan jadi kurang jelas) dan tertanggal 18 Desember 2014 ini juga dilampirkan jadwal acaranya.

Jurnalis Voa-Islam.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya, mencoba membuktikan apakah benar ada acara seperti itu. Alhamdulillah pada hari Rabu (24/12/2014) kemarin pagi, voa-Islam.com tiba di lokasi acara dan benar adanya. Di jalan utama Boyolali, setidaknya terpasang  2 (dua) baligo besar yang meng-iklankan acara tersebut.

Acara yang berlangsung persis di belakang kantor Bupati Boyolali itu nampak ramai sekali. Yang datang ke lokasi jika dikira-kira secara kasar saja tidak kurang dari seribu-an orang. Dengan diturunkan penjagaan dan pengaturan dari petugas kepolisian, satpol PP, Dishub, para penonton acara juga disuguhi berbagai dagangan para penjual yang mencari keuntungan dengan adanya kemeriahan tersebut. Ada banyak umbul-umbul bahkan bendera yang turut meramaikan suasana pemandangan tontonan itu.

Seorang remaja yang datang menonton bernama Daryanto, siswa kelas 3 dari SMAN I Musuk berangkat dari rumah jam 06.30 dan menyatakan memang suka dengan acara semacam itu. Tapi ketika voa-Islam.com tanya komentarnya tentang sekelompok penonton lain yang sebayanya dan masih memakai seragam sekolah serta merokok, Daryanto bilang,”Iya itu ndak pantas…!”

Begitupun, ada seorang ibu berkerudung dengan membawa anak perempuan seumuran TK nampak tergesa-gesa, saat disapa dan ditanya, ia ternyata sedang mencari anaknya. Tak lama ibu itu membawa keluar dari kerumunan penonton seorang siswi SMA atau SMK berseragam sekolah dan berkerudung. Mungkin itulah anaknya yang dicari sang Ibu, ibu ini masih menyempatkan diri untuk membawa pulang anaknya dari acara seperti itu.

Voa-Islam.com juga mengajak ngobrol seorang petugas Satpol PP yang tidak mau disebutkan namanya saat mengetahui kami adalah wartawan. Ia menyatakan prihatin melihat banyaknya para penonton yang berseragam sekolah. “Tapi itu mungkin cuma sedang piket di sekolahnya dan pulang cepat karena ‘khan sedang libur,” kata petugas itu.

Saat hendak meninggalkan lokasi, voa-Islam.com jadi tambah prihatin dengan datangnya beberapa siswi berseragam sekolah dan berkerudung dengan berkendaraan sepeda motor. Kemudian kami dekati seraya tanya asal sekolahnya, dari MAN I Boyolali dan mereka memang juga senang acara seperti itu.

Voa-Islam.com juga berupaya mengkonfirmasi Surat Edaran dimuka via telepon kepada Disidikpora Kab. Boyolali sebagaimana terlihat dalam kop surat. Setelah diterima pihak TU, kami disambungkan ke bapak Sutris yang ternyata tidak tahu menahu karena beliau bertugas di Bidang Pemuda dan Olah Raga, lalu kami disarankan balik ke pihak TU untuk minta dihubungkan kepada Bidang SMA/SMK.

Setelah berulang-ulang menghubungi nomor semula dan tidak diangkat-angkat , kami baru bisa masuk saat dijeda sebentar. tapi kemudian kami disambungkan ke tempat yang salah lagi, yakni ke ruangan Kepala Dinas tapi hanya petugasnya yang bilang bahwa bapak sedang rapat. Dan Pak Joko yang menerima telepon kami bilang tidak tahu menahu Surat Edaran itu.

Hanya saja, kami cukup beruntung, bahwa nama Suyanta, SPd, MPd dibenarkan memang merupakan salah satu pejabat di kantor Disdikpora tersebut. (AF/Voa Islam.com)

Beberapa foto-foto yang diambil di sekitar lokasi acara Inbox Live SCTV di Alun-alun Boyolali pada hari Rabu (24/12/2014) kemarin. Sengaja yang diambil gambarnya adalah mereka yang berseragam terkait Surat Edaran Disdikpora Boyolali yang beredar di media sosial belakangan ini. (AF/Voa-Islam.com) 


latestnews

View Full Version