View Full Version
Jum'at, 27 Mar 2015

Hindari Korupsi, Kemenag Terapkan Sistem Keuangan Berbasis Aktual

JAKARTA (voa-islam.com) - Untuk mencegah terjadinya korupsi di kalangan Kementerian Agama (Kemenag), mulai tahun ini diterapkan sistim laporan keuangan berbasis aktual.
 
"Kementerian Agama (Kemenag) Tahun 2015 mulai menerapkan sistem Laporan Keuangan (LK) berbasis aktual. Penerapan sistem ini  untuk memenuhi unsur akuntabilitas dan transparansi".
      
Demikian dikatakan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat peluncuran "Kick Off" (dimulainya) penerapan akuntansi berbasis aktual, di Jakarta, Jumat (27/3). Hadir di acara itu, Sekjen Kemenag Nur Syam dan Kepala Biro Keuangan dan BMN Syihabuddin Latief.
 
Menurutnya, Kemenag adalah kementerian pertama dari 34 kementeriaan yang menerapkan sistem ini. Sistem ini baru untuk menggantikan sistem berbasis kas yang diterapkan Kemenag selama ini.
    
Menag Lukman menjamin dengan sistem aktual ini maka pengelolaan anggaran akan lebih transparan dan lebih akuntabilitas. Sebab pengeluaran dan pengembalian uang dari sisa anggaran akan dicatat sebagaimana mestinya.
      
Namun demikian, Lukman mengakui hambatan dari sistem ini adalah persoalan SDM (Sumber Daya Manusia).
 
 
"SDM ini akan terus kita perbaikan dengan menempatkan pegawai yang tepat di bidangnya. Kita akan menempatkan mereka yang melatar-belakang pendidikan keuangan," terang Lukman.
    
Sedangkan Sekjen Nur Syam menjelaskan dengan sistem ini maka pengeluaran jumlah uang saat pertama diambil, maka harus dilaporkan sesuai dengan jumlah uang saat pertama kali diambil.
      
"Selama ini dengan sistem kas tidak demikian. Sebab itu dengan sistem akuntansi berbasis aktual maka kearutan dan ketelitian akan terjaga," tutur Nur Syam. (AbdulHalim/voa-islam.com)

latestnews

View Full Version