View Full Version
Jum'at, 27 Mar 2015

Indonesia Dominasi Pemenang Musabaqah Hafalan Al Qur'an dan Hadis Internasional

JAKARTA (voa-islam.com) - Sebagai negara dengan jumlah umat Islam terbesar di dunia, sangatlah wajar jika putra putri terbaik Indonesia mampu menjuarai musabaqoh hafalan Al Qur'an dan Hadis yang diadakan pemerintah kerajaan Arab Saudi bekerjasama dengan pemerintah Indonesia. 
 
Sebanyak 8 penghafal Al Qur'an dan Hadis dari Indonesia, berhasil meraih juara dalam Musabaqah Hafalan Al Qur'an dan Hadist Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz  tingkat  Internasional yang meliputi  negara-negara ASEAN, Asia Pasifik dan Asia Tengah ke-6 tahun 2015 yang berlangsung di Masjid Istiqlal Jakarta, sejak Senin (23/3) lalu.

Penutupan sekaligus penyerahan hadiah kepada seluruh pemenang musabaqah berlangsung Kamis (26/3) malam oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan dihadiri Pangeran Khalid bin Sultan bin Abdul Aziz Al Suud, Menteri Urusan Islam, Wakaf, Dakwah dan Penyuluhan Arab Saudi Syekh Sholeh bin Abdul Aziz bin Muhammad Al Syaikh, serta Duta Besar Arab Saudi Syekh Mustafa Ibrahim al-Mubarak.

Adapun kategori hafalan yang dilombakan, yakni hafalan Al-Quran 30 Juz, 20 Juz, 15 Juz dan 10 Juz, serta hafalan 500 Hadist. Seluruh pemenang juara pertama, kedua dan ketiga masing-masing mendapatkan uang tunai, serta kesempatan menunaikan ibadah haji gratis tahun ini atas undangan Kerajaan Arab Saudi.

Untuk kategori hafalan Hadis, tiga orang pemenang seluruhnya berasal dari Indonesia, yakni Abdullah Muhammad, Syarifudin dan Noval Hisyam, dimana juara pertama mendapat 10.000 Real (USD 2.666).  Sementara itu, pada kategori hafalan Al-Quran, juara pertama dan ketiga untuk kategori 30 Juz berasal dari Indonesia, yakni Abdurrahman Syamsuri dan Jajang Hasanudin, sedangkan juara kedua berasal dari Philipina.

Untuk kategori 20 Juz, hafidz asal Indonesia, M.Rifki, berhasil menjadi juara pertama, sementara juara kedua dan ketiga ditempati
hafidz asal Philipina. Di kategori hafalan Al Quran 15 Juz, Jundi Abdurahim dan Tari Suria Putra dari Indonesia, menjadi juara satu dan dua. Namun di katagori 10 juz, juara pertama dan kedua dari Philipina dan juara ketiga dari Thailand.

Musabaqah yang diikuti 82 peserta mewakili 13 negara yakni: Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Philipina, Thailand, Myammar, Kamboja, Kazakhstan, Tajikistan, Kyrgyztan, Australia dan New Zealand serta tuan rumah Indonesia. (Abdul Halim/Voa-Islam.Com)

latestnews

View Full Version