View Full Version
Jum'at, 10 Apr 2015

Pendiri SCI: Sirah Rasulullah Selalu Aktual

JAKARTA (voa-islam.com) - Sirah Rasulullah SAW selalu aktual untuk dipelajari dan dijadikan petunjuk. Hal itu ditegaskan Ustadz Asep Sobari, pendiri Sirah Community Indonesia (SCI), pada Kamis (2/4) di gedung INSISST, Kalibata, Jakarta Selatan.

SCI rencananya akan memberikan sajian kuliah dalam program kuliah sirah intensif bersama SCI di gedung INSIST selama enam bulan.

Ustadz Asep mengutip firman Allah SWT yang sudah sangat terkenal, “Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah keteladanan yang baik bagimu.”(QS Al-Ahzab: 21)

Ayat-ayat surat Al-Ahzab turun pada Perang Khandaq, di mana orang-orang yang di dalam hatinya ada kemunafikan ingin pulang ke rumahnya masing-masing dengan alasan rumah mereka terbuka.

“Sebenarnya orang-orang munafik mengira orang-orang Muslim akan dibantai habis oleh kekuatan kafir Quraisyi dan sekutunya yang mengepung Madinah di Perang Khandaq. Maka itu mereka ingin berpura-pura tidak menjadi bagian kaum Muslimin yang melawan sekutu tersebut,” jelas Ustadz Asep.

“Bagaimana konsolidasi di dalam situasi genting, “Uswah” didalam ayat itu maknanya strategi Rasulullah SAW, begitulahdalam konteks turunnya ayat ini,” tambahnya.

Meskipun uswah bermakna teladan serta bisa dimasukkan dalam teladan Rasulullah SAW dalam hal apa pun, namun pengedepanan uswah yang bermakna “strategi” Rasulullah SAW dalam Perang Khandaq bisa memberikan pemahaman bahwa strategi dan taktik dalam perjuangan menegakan Islam, termasuk dalam Jihad, merupakan hal yang sangat dikedepankan oleh Allah SWT.

Di mana umat Islam wajib mengikuti strategi perjuangan dan jihad Rasulullah SAW. [syahid/ilham/sharia/voa-islam.com]

image: ilustrasi


latestnews

View Full Version