View Full Version
Rabu, 03 Jun 2015

Jelang Ramadhan Baitul Mal Kota Kumpulkan Keuchik se-Banda Aceh

BANDA ACEH (voa-islam.com) - Memasuki Bulan Ramadhan 1436 H, Baitul Mal Kota Banda Aceh mengumpulkan para Keuchik se-Kota Banda Aceh dalam rangka memberi pemahaman tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) Pendataan dan Penyaluran Zakat. Kegiatan ini dibuka Walikota Banda Aceh H. Illiza Sa'aduddin Djamal, SE, di Lantai II Gedung C, Komplek Balai Kota Banda Aceh, Senin (1/6).  

Walikota Banda Aceh dalam sambutannya mengingatkan para Geuchik di seluruh Kota Banda Aceh, tidak menganggap persoalan pendataandan dan penyaluran zakat selama ini merupakan persoalan sederhana, namun zakat merupakan pilar ketiga dalam Islam.

"Selaku pemimpin terdepan di masyarakat, pak Keuchik harus benar-benar memberi data para mustahik (penerima zakat) yang valid di gampong yang dipimpinnya,"kata Illiza di hadapan puluhan Keuchik yang hadir pada acara sosialisasi SOP Zakat Baitul Mal Kota kemarin.  

Kepada para Keuchik, Walikota juga meminta untuk selalu meng-update kondisi fakir dan miskin yang berada di setiap gampong di Banda Aceh. "Jangan setiap ada pendataan dan penyaluran zakat, semua mengaku jadi fakir miskin. Jadi, SOP ini penting bagi kita semua, agar lebih amanah dalam menjalankan program zakat," paparnya.

Ia juga menambahkan, apalagi beberapa hari kedepan akan menyambut datangnya bulan suci ramadhan, para perangkat gampong juga tidak segan-segan untuk melaporkan kepada dirinya, tentang kesiapan masing-masing gampong yang dipimpinnya, mulai kesiapan warga, masjid, dan mushalla.   

"Menjelang bulan Ramadhan ini, saya minta pak Keuchik tidak perlu ragu melaporkan situasi dan kesiapan setiap gampong sehingga, warga kota Banda Aceh benar-benar dapat beribadah dengan baik ketika sudah berada di Bulan Ramdhan. 

Sebelumnya, Kepala Baitul Mal Kota Banda Aceh, Tgk Safwani Zainun dalam sambutannya mengharapkan pihak Keuchik di Gampong-gampong di Kota Banda Aceh, agar dapat membangun komunikasi intensif dengan Baitul Mal Kota dalam laporan pengelolaan zakat mal dan Zakat Fitrah setiap tahunnya.

"Hasil penelitian selama ini potensi zakat di Banda Aceh dari berbagai sektor sebesar Rp68 miliar, namun yang baru terkumpul baru Rp15 milir. Kami butuh dukungan dan laporan dari para Geuchik untuk lebih amanah dan transparan dalam pengelolaannnya,"ungkap Tgk Safwani.

Acara Sosialisasi SOP pendataan dan penyaluran Zakat Baitul Mal Banda Aceh kemarin berlangsung setangah hari, setelah dibuka oleh Walikota Banda Aceh, dilanjutkan dengan Pemateri Oleh Kepala Baitul Mal Banda Aceh, Tgk Safwani Zainun dan Kepala Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Tgk Husaini Yusuf, SHI. [adivamamr/voa-islam.com]

Teks Photo :
Walikota Banda Aceh Hj Illiza Saa'duddin Djamal, SE membuka Acara Sosialisasi Standar Operasional Prosedur (SOP) Pendataan dan Penyaluran Zakat Baitul Mal Kota Banda Aceh, kepada seluruh Keuchik se-Kota Banda Aceh, Senin (1/6) di Lantai II Gedung C, Komplek Balai Kota.  


latestnews

View Full Version