View Full Version
Selasa, 16 Jun 2015

Kemenag Gelar Sidang Itsbat Secara Tertutup

JAKARTA (Voa-islam.com)- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan Kementerian Agama akan menggelar sidang penetapan awal puasa pada Selasa (15/6) secara tertutup, yang akan di hadiri oleh sejumlah tokoh dan ulama dan pakar ilmu falaq.

Keputusan ini di sampaikan oleh Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam, Machasin mengatakan Kementerian Agama sudah melakukan penyebaran undangan kepada semua pihak terkait penetapan awal puasa, seperti ormas Islam dan ahli astronomi.

Kemenag lewat badan rukyah dan hisab akan melakukan rukyat untuk melihat hilal. "Sidangnya tertutup. Hasilnya disampaikan secara terbuka," kata Machasin.

Sidang istbat ini adalah agenda tahunan Kemenag untuk menetukan awal 1 Ramadhan, dimana pemerintah telah mempersiapkan tim Ru’yah di berbagai wilayah di Indonesia guna melihat hilal, apakah terlihat atau mendung.

Beberapa tahun sebelumnya, Sidang Istbat di gelar dengan secara terbuka bahkan di siarkan secara langsung oleh televise swasta. Yang akhirnya justru membuat pro kontra di tengah masyarakat.[Protonema/bbs/Voa-islam]

 


latestnews

View Full Version