View Full Version
Selasa, 16 Jun 2015

Kemenag Putuskan 1 Ramadan Jatuh pada Kamis, 18 Juni 2015

JAKARTA (voa-islam.com) - Setelah dilakukan sidang Isbat, Kementerian Agama memutuskan 1 Ramadan 1436 Hijriah jatuh pada hari Kamis (18/6/2015) lusa.

"1 Ramadan jatuh hari Kamis, tanggal 18 Juni 2015," ujar Menteri Agama, Lukman Hakim Saefuddin, Selasa (16/6/2015).

1 Ramadan jatuh hari Kamis, tanggal 18 Juni 2015," ujar Menteri Agama, Lukman Hakim Saefuddin, Selasa (16/6/2015).


Menurutnya keputusan jatuhnya 1 Ramadan itu berdasarkan observasi astronomi yang menyebutkan hilal belum bisa dilihat. Laporan itu didapat dari 36 orang yang ditugaskan Kementerian Agama dari wilayah barat hingga timur.

"Semua provinsi terwakili, tidak ada satupun yang melihat hilal. Atas dasar itulah seluruh peserta sidang isbat menyepakati sekarang ini hilal tidak tampak," tambahnya.

Sementara itu, Ketua MUI Pusat Din Syamsudin, sebagaimana yang tersiar di beberapa media massa, yang hadir di dalam sidang isbat pun terlihat ceria menyambut suka cita bulan suci.

Din berpesan kepada masyarakat agar bulan Ramadhan diisi dengan hal-hal yang bermanfaat. Hal-hal yang dinilainya sebagai penyucian jiwa dan rohani.

Ketua Umum PP Muhammadiyah ini juga mengajak kepada masyarakat untuk selalu ingat pada masa-masa perbuatan tahun lalu agar senantiasa ingat dibersihkan.

“Sucikan jiwa dari setahun penuh dari perbuatan kita,” himbaunya.

Din Syamsudin hadir bersama Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin. Hadir pula beberapa ormas pada sidang isbat. Di antaranya ormas terbesar di Indonesia, NU dan Muhammadiyah. [bbs/syahid//voa-islam.com]


latestnews

View Full Version