View Full Version
Senin, 29 Jun 2015

Mobile Masjid: Agar Umat Muslim Tidak Meninggalkan Shalat

BANDUNG (voa-islam.com) - Berawal dari pengamatannya akan tingginya acara-acara keramaian di Kota Bandung seperti konser musik, pertandingan sepakbola, hingga lokasi bencana yang belum menyediakan tempat shalat memadai, maka Sobirin (42) menginisiasi pembuatan sebuah sarana ibadah yang sifatnya "jemput bola".

Bersama rekan-rekannya di Yayasan Masjid Nusantara (YMN) Sobirin menggalang donasi untuk membuat Mobile Masjid.

"Alhamdulillah berkat donasi dari donatur YMN dan juga sesama NGO yakni RZ (Rumah Zakat), Mobile Masjid ini ada dan bisa beroperasi. Harapannya tidak ada umat muslim yang meninggalkan shalat karena tidak menemukan masjid atau mushola di keramaian," ungkap Sobirin, Jumat (26/6).

Mobile masjid tersebut mengangkut peralatan shalat seperti karpet, sarung, mukena, penunjuk arah kiblat, genset dan sound system. Selain itu, mobil dilengkapi wadah penampung air bersih berkapasitas 500 liter untuk keperluan wudu.

Cita-cita tertingginya mah kita bisa menyediakan Masjid Mobile di seluruh Indonesia, terutama daerah perkotaan yang memiliki banyak kegiatan penarik massa

"Mobile masjid ini sebenernya kalo di daerah Arab sudah tidak asing. Namun kalau di Indonesia, ini baru yang pertama," tutur Sobirin.

Laki-laki yang sebelumnya berprofesi sebagai Kepala Sekolah SD Juara ini berharap Mobile Masjid nantinya bisa dilengkapi dengan internet dan perputakaan agar para jamaah bisa nonton bareng film-film soal keislaman.

Di bulan Ramadhan, YMN memiliki rencana untuk membagikan takjil gratis bersama Mobile Masjid tiga kali dalam  seminggu. Targetnya di akhir 2015 nanti akan dibangun satu Mobile Masjid yang beroperasi di Bandung dan Jawa Barat.

"Cita-cita tertingginya mah kita bisa menyediakan Masjid Mobile di seluruh Indonesia, terutama daerah perkotaan yang memiliki banyak kegiatan penarik massa. Mudah-mudahan juga wujud Mobile Masjid selanjutnya akan lebih baik lagi," ujar Sobirin. [syahid/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version