View Full Version
Senin, 01 Feb 2016

Waspada! Di Jawa Barat Ada 144 Aliran Sesat

BANDUNG (voa-islam.com)—Di Jawa Barat tercatat ada sebanyak 144 aliran sesat. Hal ini diungkapkan Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar, M Rafani Akhyar di Bandung, Senin (1/2/2016).

“Ada 144 aliran sesat, ada yang sudah proses investigasi. Tersebar di beberapa wilayah, tapi yang banyak di Bogor, Cirebon, dan Bandung,” terang Rafani.

Menurut Rafani, aliran-aliran tersebut kadang muncul dan kadang menghilang. Aliran sesat itu sudah ada sejak awal 2000. Beberapa sudah diketahui menyimpang di antaranya kelompok Hidup di Balik Hidup, Al-Quran Suci, Surga Eden, Milah Ibrahim, Siliwangi Panjalu, Lia Eden, dan Al-Qiyadah Al-Islamiyah.

Oleh karena itu, jelas Rafani, MUI Jabar telah berkoordinasi dan menginstruksikan kepada seluruh MUI tingkat kota, kabupaten hingga desa untuk intens melakukan pembinaan kepada masyarakat.

Pihaknya pun akan terus berupaya menyebarkan sosialisasi mengenai fatwa terhadap suatu aliran yang menyimpang. "Aliran yang sesat kan sudah difatwakan, nah itu harus disosialisasikan ke masyarakat," tutur Rafani.* [Dbs/Syaf/voa-islam.com]

 


latestnews

View Full Version